• Selamat Datang di Website Resmi Universitas Warmadewa - Bermutu, Berintegrasi dan Berwawasan Lingkungan Kepariwisataan - Jalan Terompong 24 Tanjung Bungkak, Denpasar, Bali, Indonesia - Email : info@warmadewa.ac.id - Telp. 0361-223858 - Fax. 0361-235073

Wisuda ke-56 Universitas Warmadewa

  • 20 September 2017
  • 147 Pengunjung
Wisuda ke-56 Universitas Warmadewa

Universitas Warmadewa menyelenggarakan Wisuda ke-56 Universitas Warmadewa Tahun 2017 pada Selasa, 19 September 2017 di Kampus Unwar. Acara dihadiri oleh Koordinator Kopertis Wilayah VIII yg diwakili oleh Sekretaris Pelaksana Kopertis Wilayah VIII, Ketua Dewan Pembina beserta jajaran, Ketua Yayasan Kesejahteraan KORPRI Propinsi Bali beserta jajaran, Rektor beserta para Wakil Rektor, Direktur dan Sekretaris Pascasarjana, para Dekan beserta para Wakil Dekan, para Senat Unwar, para Kepala Biro, para Pejabat Struktural di lingkungan Unwar, para Orangtua/Wali Wisudawan, serta seluruh Wisudawan Unwar. Pelaksanaan Wisuda ke-56 ini diikuti oleh 719 orang yg terdiri dari Program Sarjana sebanyak 672 orang dengan rincian Fakultas Ekonomi: 374 orang, Fakultas Hukum: 79, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik: 24 orang, Fakultas Sastra: 93 orang, Fakultas Pertanian: 25 orang, Fakultas Teknik: 79 orang, dan Program Pascasarjanan sebanyak 47 orang.

Rektor Universitas Warmadewa Prof. dr. Dewa Putu Widjana, DAP&E., Sp.parK. mengatakan mengelola Perguruan Tinggi bukanlah hal yg mudah karena dari waktu ke waktu paparan tantangan akan selalu menghadang, baik dalam tatanan lokal, nasional, regional, maupun internasional. Tantangan bukanlah sesuatu yg harus dihindari terapi justru harus dihadapi dengan gagah dan berani melalui respon bijaksana, tepat, dan cepat. Berbicara tantangan, sampai detik ini, daya saing (competitiveness) masih menjadi isu penting dalam tatanan global, sementara dalam tatanan lokal maupun nasional itu pentingnya adalah ketidak-cocokan (missmatched) antara kompetensi lulusan dengan kebutuhan dhnia kerja. Jawaban yg paling akurat terhadap tantangan dimaksud adalah peningkatan kualitas diri. Berbicara kualitas, memang sejak awal hal itu telah menjadi cita-cita sekaligus komitmen Unwar, lihatlah visinya yg menginginkan dirinya menjadi pusat pendidikan tinggi yg berkualitas, berintegritas, berwawasan lingkungan kepariwisataan, dan mamou bersaing secara global di tahun 2034. Upaya pembangunan dan pengembangan dalam rangka meningkatkan kualitas yg telah dan sedang dilakukan oleh Unwar antara lain : (1) Penerapan KPT-KBK (Kurikulum Perguruan Tinggi-Berbasis Konpetensi) mengacu SM-DIKTI (Standar Nasional Pendidikan Tinggi) yg memounyai kualifokasi lulusan sesuai dengan KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia), dengan pendekatan pembelajaran berpusat kepada mahasiswa atau Student Centered Learning (SCL) diikuti, penilaian hasil belajar mid dan akhir semester. (2) Dibidang penguatan kelembagaan, terakreditasinya institusi (AIPT) dengan predikat B sejak tahun 2015 ditambah komitmen kuat meningkatkan grade akreditasi menjadi A di tahun mendatang. (3) Penguatan dibidang sumberdaya dosen, Unwar terus dilakukan dengan memberikan biaya pendidikan lanjut ke Jenjang S3.

Pengelolaan Unwar terus ditingkatkan dengan adanya Sistem Informasi Manajemen Terpadu (SIM-T) sebagai sarana untuk mewujudkan sistem layanan secara online, baik kepada mahasiswa maupun kepada masyarakat (stake holders) serta pengembangan jejaring kerjasama tingkat internasional terus ditingkatkan dengan berbagai Universitas Luar Negeri. Tidak lupa saya ucapkan terimakasih kepada orangtua/wali yg telah memberikan kepercayaan kepada Unwar yg menjadi pilhan anaknya melanjutkan pendidikan tinggi. Saya sebagai rektor sebagai Rektor mengucapkan selamat kepada saudara-saudara yg di wisuda hari ini. Kesuksesan yg saudara raih kaki ini bukanlah akhir dari perjuangan, melainkan sebagai langkah awal untuk menempuh perjalanan dan perjuangan panjang yg akan saudara lewati dan hadapi nanti. Ketua Yayasan Kesejahteraan KORPRI Propinsi Bali Dr. Drs. A.A. Gede Oka Wisnumurti, M.Si. mengatakan kegiatan wisuda merupakan rangkaian prosesi yg telah menjadi tradisi, sebagai penanda pelepasan mahasiswa yg telah memenuhi persyaratan akademik sesuai displin ilmu masing-masing, dan kepadanya diberikan gelar akademik sesuai bidang ilmu yg ditekuni. Atas nama keluarga besar Yayasan Kesejahteraan KORPRI Propinsi Bali menyampaikan rasa syukur dan ucapan selamat kepada para calon wisudawan dan orangtua dankeluarga calon wisudawan. Selamat berbahagia, terimakasih atas kepercayaan bergabung dengan Universitas Warmadewa. Kepada calon wisudawan, setelah saudara di wisuda menjadi sarjana, saudara sudah menyandang gelar sarjana atau magister, sebagai kelompok sosial baru, kaum terdidik. Hendaknya saudara terlahir dan hadir sebagai social change di tengah-tengah masyarakat.

Kepada saudara dibebankan tanggung jawab yg besar untuk senantiasa membawa dan mengharumkan nama baik almamater tercinta Universitas Warmadewa. Jadilah saudara sarjana yg berkarakter, kritis, cerdas, inovatif, dan profesional yg dijiwai Spirit Sapta Bayu. Hanya dengan keunggulan yg saudara miliki, saudara akan mampu memenangkan kompetisi yg semakin ketat dan meraih apa yg saudara cita-citakan. Apa yg saudara raih hari ini, hanyalah tujuan antara, tujuan sesungguhnya adalah menjadikan ilmu dan skill yg saudara dapatkan sebagai bekal untuk meraih tujuan hidup yg sesungguhnya yakni "Moksartham Jagadhita". Jadilah yg terbaik, jadilah yg terdepan dan jadilah insan yg berguna. Selamat jalan anak-anakku, selamat berjuang, dan selamat memenangkan persaingan. Doa kamj selalu mengiringi gerak dan langkah kalian. Koordinator Kopertis Wilayah VIII Prof. Dr. I Nengah Dasi Astawa, M.Si. mengatakan Wisuda merupakan rangkaian kegiatan yg tidak terpisahkan dengan kegiatan akademik yg telah dilalui setiap mahasiswa, bahkan inilah titik akhir dari semua rangkaian akademik yg memadukan kegiatan formalistic dan serinonial.

Disamping itu, wisuda merupakan tanda atau tonggak awal dari setiap wisudawan dan wisudawati untuk memulai menjalani suatu proses kehidupan dengan tantangan yg lebih dinamis dan lebih kompleks. Tatkala menjadi mahasiswa di lembaga pendidikan tinggi, tentu ruang lingkup tantangan yg dihadapi masih relatif terbatas, jika dibandingkan dengan tantangan dilingkungan ranah kehidupan bermasyarakat. Oleh karena itu, setelah di wisuda jangan berhenti belajar dan menyerap ilmu pengetahuan dan teknologi yg berkembang begitu sangat cepat dan pesat. Di era kekinian setiap insan manusia, termasuk wisudawan dan wisudawati dituntut kerja keras, kerja cerdas dan kerja ikhlas agar tetap eksis, mampu bersaing dan menjadi pemenang. Pada kesempatan ini, tidak lupa juga kami memberikan aspirasi dan penghargaan kepada orangtua wisudawan yg setinggi-tingginya atas kepercayaan kepada PTS karena telah menyerahkan putra-putri mereka untuk mengikuti pendidikan, sehingga saat ini dapat diwisuda. Atas kepercayaan tersebut, tentu kita tidak dapat tinggal diam, apalagi disia-siakan. Kita sebagai pengelola pendidikan berkewajiban untuk selalu mempertahankan bahkan meningkatkan kualitas pengelolaan pendidikan, sehingga kepercayaan orangtua dan masyarakat pada umumnya terus tumbuh dan berkembang sejalan dengan tuntunan dan dinamika masyarakat dan kemajuan iptep. Itulah sesungguhnya yg kita ingin wujudkan sebagai pengelola pendidikan, terutama Pendidikan Tinggi, yakni kepercayaan masyarakat.

  • 20 September 2017
  • 147 Pengunjung

Lainnya

Pencarian