• Selamat Datang di Website Resmi Universitas Warmadewa - Bermutu, Berintegrasi dan Berwawasan Lingkungan Kepariwisataan - Jalan Terompong 24 Tanjung Bungkak, Denpasar, Bali, Indonesia - Email : info@warmadewa.ac.id - Telp. 0361-223858 - Fax. 0361-235073

PMHD Universitas Warmadewa menyelenggarakan Mahasisya Upanayana

  • 22 September 2017
  • 242 Pengunjung
PMHD Universitas Warmadewa menyelenggarakan Mahasisya Upanayana

Pasemetonan Mahasisya Hindu Dharma (PMHD) Universitas Warmadewa menyelenggarakan Mahasisya Upanayana dengan tema "Dwara Pertama Maring Widya Sedya Mahottama " Gerbang Utama Menuju Ilmu Pengetahuan Yang Uttama pada hari Kamis 21 September 2018 di Depan Padmasana Kampus Unwar.
Acara dihadiri oleh Pinandita Drs. I Ketut Pasek Swastika, Ketua Yayasan Kesejahteraan KORPRI Propinsi Bali yang diwakili Wakil Ketua Yayasan Kesejahteraan KORPRI Propinsi Bali, Rektor Unwar yang diwakili WR I Unwar, WR III Unwar, Dekan Fakultas dilingkungan Unwar dan yang mewakili, Ka BAAK, Pembina PMHD, Kabag Kemahasiswaan, Jro Mangku Padmasana Unwar, Staf di Rektorat Unwar, BEM Unwar, Panitia PMHD dan seluruh peserta Mahasisya Upanayana tahun 2017.

Ketua panitia dalam sambutannya mengatakan bahwa acara Mahasisya Upanayana dilaksanakan PMHD Unwar yang diikuti oleh seluruh mahasiswa baru yang beragama Hindu yang berjumlah sekitar 1.780 mahasiswa. Ketua panitia menghaturkan terima kasih sebesar-besarnya kepada seluruh undangan yang berkesempatan hadir dan mengikuti acara ini serta seluruh peserta Mahasisya Upanayana.

Ketua Umum PMHD Unwar dalam sambutannya memohon untuk seluruh peserta agar serius mengikuti acara ini secara tertib, karena akan banyak ilmu yang didapat dalam acara ini. Ketua Umum PMHD menjelaskan bahwa PMHD merupakan organisasi yang keikutan anggotanya tidak hanya untuk mencari SKK atau Kredit Poin untuk Perkuliahan. Tetapi mencari mahasiswa yng memang benar ingin "ngayah" dan aktif untuk seluruh kegiatan PMHD Unwar. Mahasisya Upanayana yang kali ini merupakan yang ketiga yang diadakan oleh PMHD Unwar. Dalam waktu bersamaan Ketua Umum PMHD juga mengajak seluruh mahasiswa baru yang ingin mengikuti Unitas PMHD agar dapat hadir untuk pertemuan perdana pada tanggal 25 September 2017 di Ruang Auditorium Widya Sabha Uttama Unwar. Sampai saat ini sudah 459 mahasiswa sudah mendaftar mengikuti PMHD Unwar. Harapannya juga untuk seluruh mahasiswa yang ingin bergabung dengan PMHD Unwar agar siap mengikuti segala kegiatan yang dilaksanakan oleh PMHD Unwar.

Rektor Unwar yang dalam hal diwakili oleh WR I Unwar dalam sambutannya mangajak untuk seluruh mahasiswa agar secara serius mengikuti acara ini. Acara Mahasisya Upanayana merupakan salah satu proses Pawintenan atau yang sering disebut dengan usaha atau cara mendekatkan diri kepada guru (Tuhan). Pewintenan merupakan cara pembersihan diri secara lahir dan bantin. Harapannya dengan pawintenan ini akan menumbuhkan karakter positif dalam diri mahasiswa. Karakter dalam diri ada tiga yaitu positif, horisontal, dan negatif. Harapan Rektor dari acara ini adalah 3 unsur yang harus dicapai yakni penalaran, bakad dan minat, kesejahteraan.

Dalam sambutannya Ketua Yayasan Kesejahteraan KORPRI Propinsi Bali yang dalam hal ini diwakili oleh Wakil Ketua Yayasan Kesejahteran KORPRI Propinsi Bali dalam sambutannya menjelaskan sejarah tentang awal berdirinya Unwar. Unwar didirikan karena di Bali masih diangap kurang PT, yang saat itu hanya ada UNUD di Bali. Harapannya untuk seluruh mahasiswa agar menjadi unggul dalam berkarya dan untuk seluruh mahasiswa baru ini menjadi yg terbaik dengan menunjukan karya nyata dan kreatif. Yayasan akan terus berkomitmen untuk mendukung mahasiswa agar dapat berhasil ditingkat nasional dan internasional.

Acara dilanjutkan dengan Dharma Wacana oleh Pinandita Drs. I Ketut Pasek Swastika dengan tema "Dwara Pertama Maring Widya Sedya Mahottama" Gerbang Utama Menuju Ilmu Pengetahuan Yang Uttama. Dilanjutkan dengan Tari Rejang, Tari Topeng Panca, setelah itu dilaksanakan Pawintenan dan sembahyang bersama.

  • 22 September 2017
  • 242 Pengunjung

Lainnya

Pencarian