• Selamat Datang di Website Resmi Universitas Warmadewa - Bermutu, Berintegritas dan Berwawasan Lingkungan Kepariwisataan - Jalan Terompong 24 Tanjung Bungkak, Denpasar, Bali, Indonesia - Email : info@warmadewa.ac.id - Telp. 0361-223858 - Fax. 0361-235073

REKTOR UNWAR SERAHKAN BALE SAKANEM DI BANJAR ABASAN, SINGAPADU TENGAH GIANYAR.

  • 17 April 2018
  • 261 Pengunjung
REKTOR UNWAR SERAHKAN BALE SAKANEM DI BANJAR ABASAN, SINGAPADU TENGAH GIANYAR.

Rektor Universitas Warmadewa bersama Wakil Rektor III Universitas Warmadewa menyerahkan hasil penelitian model bangunan Bale Sakanem secara simbolis kepada I Ketut Sarwa Kabiana salah satu penerus rumah pendidikan di Banjar Abasan, Desa Singapadu Tengah Gianyar senin (16/4/2018).

Bale sakanem ini merupakan hasil penelitian dari tim peneliti Universitas warmadewa yakni Dr. Ir. I Wayan Parwata, MT selaku Ketua Tim Peneliti Dr. A. A Gede Oka Wisnumurti, M.Si dan Meidayanti Mustika selaku anggota. Dana penelitian ini bersumber dari KEMENRISTEKK DIKTI. Penelitian ini merupakan penelitian tahun terakhir sebagai bentuk akhir dari rangkaian penelitian yang dilakukan. “Bentuk Bale Sakenem ini sudah disesuaikan dengan kaidah-kaidah arsitektur bali dari segi tata letak, tinggi dan bahan/material bangunan serta sudah mengikuti kisi-kisi dari format penelitian misalnya antropometri pengguna bangunan, material,  dan kenyamanan pengguna.

Ketua Tim Peneliti mengatakan Menindaklanjuti kegiatan tersebut tim peneliti dari universitas warmadewa juga sudah menyiapkan proposal untuk Tindak lanjut hilimisasi dari hasil penelitian ke tradisional. Pendanaan penelitian ini, selain dari ristek dikti juga mengharapkan dana dari pihak ketiga. Karena sangat dibutuhkan kelengkapan bangunan dalam hunian tersebut. Sementara bangunan yang lain seperti bale daje bale dauh, dapur dan jineng membutuhkan dana dari pihak ketiga.

Dr. Ir. I Wayan Parwata, MT menambahkan penelitian ini juga selaras dengan visi-misi dari universitas warmadewa yakni lingkungan yang berbasis ekowisata “ ini merupakan penerjemahan dari visi misi yang dimiliki unwar yang kami implementasikan dalam bentuk penelitian dan pengabdian kepada masyarakat”pungkasnya. Rektor universitas warmadewa juga menambahkan universitas warmadewa ditahun 2019  akan mempersiapkan CSR untuk masyarakat Bali khususnya dalam pembangunan berkelanjutan di bali.

  • 17 April 2018
  • 261 Pengunjung

Lainnya

Pencarian