• Selamat Datang di Website Resmi Universitas Warmadewa - Bermutu, Berintegritas dan Berwawasan Lingkungan Kepariwisataan - Jalan Terompong 24 Tanjung Bungkak, Denpasar, Bali, Indonesia - Email : info@warmadewa.ac.id - Telp. 0361-223858 - Fax. 0361-235073

WMCC FH Unwar Gelar 1st Anniversary

  • 30 Juni 2018
  • 116 Pengunjung
WMCC FH Unwar Gelar 1st Anniversary
Warmadewa Moot Court Community (WMCC) Fakultas Hukum Universitas Warmadewa menyelenggarakan 1st Anniversary di Ruang Sri Kesari Warmadewa Mandapa Unwar pada Jumat, 29 Juni 2018. Acara dihadiri oleh Dekan FH, Wakil Dekan I, II, dan III FH Unwar, Ketua dan Sekretaris Prodi Ilmu Hukum, Kepala UPM FH, Kepala Lab FH, Kepala Penelitian dan Pengabdian FH, para Pejabat Struktural dan Dosen di lingkungan FH, Pembina WMCC, Presiden BEM Unwar, serta anggota dan alumni WMCC.
 
Dalam laporannya Ketua Panitia Sukrisma Dewi mengatakan acara hari ulang tahun WMCC ini pertama kalinya dilaksanakan mengingat organisasi ini sudah berjalan selama 1 tahun. Tujuan dari acara hari ulang tahun WMCC ini untuk meningkatkan rasa solidaritas serta loyalitas anggota terhadap organisasi ini guna sangat pentingnya menumbuhkan rasa kekeluargaan antara sesama anggota untuk meraih sesuatu tujuan yg diharapkan semua. "Adapun harapan saya selaku penanggung jawab dari kegiatan ini adalah agar organisasi WMCC terus dikenal dan diminati oleh mahasiswa kampus khususnya mahasiswa Fakultas Hukum untuk menjadi wadah bagi mereka untuk mengembangkan kualitas serta pengetahuan mereka didalam keilmuan hukum. Serta yg saya sangat harapkan agar WMCC bisa mengembangkan prestasinya didalam intern kampus maupun eksternal kampus", pungkasnya.
 
Ketua Umum WMCC Thalia Herliana mengucapkan terimakasih banyak atas kedatangan para undangan yang hadir dalam acara ulang tahun WMCC yang ke-1. "Pada hari ulang tahun WMCC yang berbahagia ini marilah kita kroscek, segala kekurangan, ketidak lengkapan, ketidak adaan dihari sebelumnya untuk menyempurnakannya, tentunya dengan bersama-sama memikul tanggung jawab secara merata dan sesuai dengan profesionalitasnya masing-masing, semua itu merupakan catatan baik dan buruk yang kita lalui semasa setahun ini, dan tahun-tahun sebelumnya, rencana kedepan saya berharap melalui open recruitmen atau pembukaan member WMCC di tahun ajaran baru menemukan bibit2 baru yang akan meneruskan beberapa kejayaan WMCC. Untuk persiapan lomba TRD yang dilaksanakan bulan September mendatang kita akan setor berkas penyisihan pertengahan Juli dan kita akan lanjut untuk pemberkasan final dan semoga pada bulan September kami dapat memberikan yang terbaik, berpartisipasinya WMCC dibeberapa kejuaraan juga nyatanya mampu memberikan respon yang positif, WMCC dalam setahun terakhir ini banyak diundang untuk mengikuti beberapa kompetisi peradilan semu di Indonesia.   Untuk itu kedepan marilah kita singsingkan lengan, kepalkan tangan, dan, melalui sektor organisasi ini, agar menjadi lebih baik, lebih bersahaja dan yang tak kalah pentingnya adalah semua itu adalah nilai ibadah kita, untuk itu saya selaku ketua menghimbau kepada pengurus agar lebih mantap dan lebih kooperatif di hari kedepan, semoga semakin maju dan jaya", harapnya.
 
 
Dekan FH Unwar Dr. I Nyoman Putu Budiartha, S.H., M.H. mengatakan pada hari ini WMCC merayakan ulang tahun yang pertama, WMCC Fakultas Hukum ini merupakan organisasi fungsional dimana organisasi ini diharapkan dapat mengaplikasikan langsung ilmu hukum dalam praktek kehidupan sehari-hari dimana ujung tombaknya itu adalah mahasiswa yang dibina oleh dosen yang kompeten. Organisasi fungsional itu artinya ilmu hukum itu capaiannya ingin membuat sarjana hukum yang kompeten di bidang keilmuannya yaitu sebagai pengacara, konsultan, notaris dsb dibidang hukum diharapkan nanti setelah praktek hukum di laboratorium yang terdiri dari laboratorium litigasi yang berperadilan semu kasus perdata, pidana dipraktekkan dengan instruktur dari praktisi yg berkompeten juga seperti pengadilan, jaksa atau pengacara dan juga menyelesaikan masalah-masalah non litigasi. Setelah itu mereka akan dibawa ke LKBH yang menangani kasus-kasus konkret, jadi FH memiliki LKBH disamping melayani masyarakat yang membutuhkan juga sekaligus melatih mahasiswa untuk berpraktek hukum. "Dalam rangka memantapkan organisasi ini WMCC mengikuti lomba-lomba baik lokal, nasional, bahkan internasional, misalkan moot court institusi, moot court peradilan korupsi, moot court peradilan niaga, jadi ada bidangnya masing-masing. Di luar negeri moot court-moot court itu juga di spesifikasi seperti itu sehingga mahasiswa terbagi-bagi lalu mereka saling bergilir untuk menyelesaikan masalah-masalah dengan moot court-moot court yang berbeda-beda hingga pengalaman bertambah luas.
 
Dengan demikian mahasiswa diharapkan sudah lulus S1 nanti mereka tidak canggung untuk menyelesaikan masalah karena mereka sudah mendapatkan praktek dibawa ke pengadilan oleh para dosen, paling tidak menonton jalannya persidangan. Di ulang tahun WMCC ini saya harapkan setidaknya tiga hal, pertama adalah ingat pada jati dirinya bahwa dia berulang tahun, pernah dibentuk hidup lalu pasti melewati tahun ke tahun dan dia merefleksi diri dalam satu tahun seperti apa sehingga ada evaluasi ke depan mereka  maunya seperti apa baik untuk perkembangan pribadi anggotanya, mahir berpraktek hukum kemudian juga bagaiman mereka menularkan generasi berikutnya kemudian yang paling penting itu adalah bagaimana institusi Fakultas Hukum ini bisa di dongkrak oleh mereka ini. Dan diharapkan mereka ini berkesinambungan dan nanti juga setelah mereka bekerja dapat memberi masukan agar moot court ini berjalan terus sehingga ada semacam paguyuban, begitu mereka ingat dengan organisasinya setidaknya mereka mau datang untuk memberikan masukan. Nanti WMCC akan mengikuti moot court yang akan diselenggarakan nasional oleh Udayana, dan berharap nanti Warmadewa bisa menjadi penyelenggara, sehingga organisasi fungsional ini dimaksudkan seperti itu, jadi bukan merupakan organisasi kemahasiswaan, dibina oleh dosen tetapi dibawah laboratorium hukum devisi LKBH" jelasnya.
  • 30 Juni 2018
  • 116 Pengunjung

Lainnya

Pencarian