• Selamat Datang di Website Resmi Universitas Warmadewa - Bermutu, Berintegritas dan Berwawasan Lingkungan Kepariwisataan - Jalan Terompong 24 Tanjung Bungkak, Denpasar, Bali, Indonesia - Email : info@warmadewa.ac.id - Telp. 0361-223858 - Fax. 0361-235073

YKKPB GELAR WORKSHOP PERENCANAAN PROGRAM KERJA & KEGIATAN UPK UNWAR TAHUN 2019

  • 14 Agustus 2018
  • 193 Pengunjung
YKKPB GELAR WORKSHOP PERENCANAAN PROGRAM KERJA & KEGIATAN UPK UNWAR TAHUN 2019

Yayasan Kesejahteraan Korpri Propinsi Bali (YKKPB) menyelenggarakan Perencanaan Program Kerja dan Kegiatan UPK Universitas Warmadewa (Unwar) Tahun 2019 di Ruang Sri Kesari Warmadewa Mandapa pada Selasa, 14 Agustus 2018. Acara dihadiri oleh para Pembina YKKPB, para Pengurus YKKPB, Rektor dan para Wakil Rektor Unwar, Direktur dan Sekretaris Pascasarjana, para Dekan dan Wakil Dekan di lingkungan Unwar, para Kaprodi di lingkungan Unwar, para Kepala Lembaga dan Kepala Biro di lingkungan Unwar, para Kabag dan Kepala TU di lingkungan Unwar.

Rektor Unwar Prof. dr. Dewa Putu Widjana, DAP&E., Sp.parK mengatakan kegiatan ini sangat penting karena ini suatu fundamental dimana YKKPB harus terus maju di dalam rangka meningkatkan kualitas diri. Dalam kesempatan ini beliau mengambil kesempatan untuk menyampaikan hal-hal khususnya terkait dengan pembangunan Unwar sebagai salah satu UPK terbesar dari YKKPB. “Slide saya ditulis dengan Bahasa Inggris dan penjelasannya menggunakan Bahasa Indonesia. Saya kira hal ini penting karena kedepannya tawaran-tawaran kerjasama Internasional makin hari makin banyak. Jadi makin hari Unwar akan mencengkramkan kiprahnya ke ajang Internasional sesuai dengan visi kita yaitu Go Global tahun 2034. Hot Issues di Perguruan Tinggi sekarang ada dua yaitu Quality dan Accessibility. World ranking University yang dirilis tahun 2016, Top University di Indonesia seperti Universitas Indonesia, Institut Tekhnologi Bandung, Universitas Gajah Mada hanya menempati ranking di atas 200 di jajaran Universitas di dunia. Itu menunjukkan bahwa Quality kita masih jauh untuk bisa go Global berkompetisi dengan Perguruan Tinggi di luar negeri.

Salah satu indicator yang digunakan untuk menentukan top ranking oleh World ranking University itu adalah innovation. Jika kita berbicara tentang innovation (inovasi) kita juga berbicara tentang creativity (kreativitas) dan critical thinking (berpikir keras), tanpa kedua hal itu inovasi tidak akan pernah ada. Jadi oleh karena itu saya kira issues quality ini haruslah menjadi dasar dari pengembangan Unwar. Accessibility, jika Bapak/Ibu membaca tentang APK (angka partisipasi kasar) pendidikan tinggi di Indonesia saat ini hanya mencapai 30%. Sementara competitor kita di Asian Country itu sudah jauh di atas kita. Artinya dari 100 orang yang ingin melanjutkan ke pendidikan tinggi hanya tersedia 30 seat saja, ini sangat rendah dan memerlukan inovasi di dalam pengembangan pendidikan tinggi khususnya. Oleh karena itu untuk mengejar dua issues ini mau tidak mau kita harus menjawab dengan benar-benar membangun institusi ini dengan sebaik-baiknya.”, jelasnya. Dalam kesempatan ini Rektor Unwar juga menyampaikan Warmadewa Conceptual Framework of Development yaitu Directed (diarahkan), Well Planned (terencana dengan baik), Gradually (bertahap), dan Sustainable (berkelanjutan). Dengan Metode : Good University Governance (GUG) yang meliputi Participation (partisipasi), Rule of Law (aturan hukum), Transparancy (transparansi), Responsiveness (responsif), Concensus Oriented (berorientasi consensus), Equity and Inclusiveness (keadilan dan inklusivitas), Effectiveness and Efficiency (efektivitas dan efisiensi), dan Accountability (akuntabilitas).

Ketua Yayasan Kesejahteraan Korpri Propinsi Bali Dr. Drs. A. A. Gede Oka Wisnumurti, M.Si mengatakan acara hari ini adalah bagian dari upaya untuk merancang kegiatan dan program kerja yang terukur, sistematis, dan berkelanjutan dalam rangka memenuhi kebutuhan semua sehingga tahap demi tahap, tantangan-tantangan yang dihadapi dalam rangka membangun institusi satu-persatu bisa diselesaikan. “Saya berharap mari kita berdiskusi, mari kita rumuskan apa yang mau kita kerjakan tahun 2019. Jangan sampai nanti di Tahun 2019 kita tergesa-gesa, hal yang urgent tetapi lupa kita programkan. Jadi saya sudah identifikasi dan sudah merekap proposal yang masuk ke Yayasan dalam 1 tahun baik dari mahasiswa atau dari dosen. Oleh karena itu harapan saya, ini adalah tempat kita berdiskusi untuk merumuskan perencanaan-perencanaan yang baik padas tahun 2019. Kenapa hari ini? Karena setelah ini pada bulan November kita sudah harus putuskan, harapn saya Januari awal RKA tahun 2019 sudah harus ready. Jadi tidak lagi ada istilah tidak jalan dan Desember itu program tahun 2018 sudah tutup buku tidak ada istilah program di tahun 2017 dijalankan di tahun 2018.

Oleh karena itu baik-baiklah membuat perencanaan, rencanakan itu dengan baik dan saya yakin jika ini berjalan  apa yang kita tumbuk hari ini adalah perencanaan partisipatif, bahkan ini berjalan dari Jurusan kemudian Fakultas, dari Fakultas ke Rektor, dari Rektor ke Yayasan saya yakin apa yang menjadi kebutuhan yang paling mendasar di tingkat Prodi itu akan bisa teridentifikasi lebih awal melalui perencanaan ini bahwa ada kegiatan yang penting dan kegiatan yang kurang penting, kegiatan yang mendesak dan kegiatan yang kurang mendesak inilah pentingnya kita membuat skala prioritas. Jadi tidak semua program yang kita usulkan bisa terpenuhi tahun 2019 maka target saya nanti tahun 2019 Prodi-Prodi yang akreditasi itu akan menjadi program prioritas, kita prioritaskan programnya, sarana prasarananya, termasuk juga pendanaannya sehingga prodi-prodi ini satu-persatu bisa landing.  Itulah cara-cara berpikir yang harus kita terobos termasuk di dalamnya nanti adalah apakah itu sarana-prasarana, SDM, maka saya minta mulai dari tahun 2019 pengirimin beasiswa S3 itupun harus mengacu kepada prodi-prodi. Harapan saya tahun 2024 semua dosen Warmadewa harus sudah Doktor. Paling tidak tahapan-tahapan ini harus benar-benar bisa terukur dan outcomenya itu jelas.”, pungkasnya.

Humas Bappsik Unwar Melaporkan

  • 14 Agustus 2018
  • 193 Pengunjung

Lainnya

Pencarian