LPM Unwar Gelar 1st International Community Service Seminar on Ecotourism

Oleh : | Rabu, 16 November 2022 | Dibaca : 59 Pengunjung

LPM Unwar Gelar 1st International Community Service Seminar on Ecotourism

Untuk mewujudkan Visi Universitas Warmadewa sebagai lembaga pendidikan tinggi yang menghasilkan lulusan yang bermutu, berintegritas, berwawasan ekowisata, dan kompetitif secara global pada tahun 2034, Lembaga Pengabdian Masyarakat Universitas Warmadewa menggelar 1st  International Community Service Seminar on Ecotourism, Rabu (16/11/2022).

Seminar International yang bertempat di Ruang Sidang Sri Kesari Mandapa Unwar ini mengambil tema “Ecotourism Challenges and Opportunities in The Modern World”. Tampil sebagai pembicara dalam seminar international kali ini berasal dari perguruan tinggi lintas negara, diantaranya adalah Naori Miyazawa, Ph.D dari Waseda University Japan; Amelia Reforba Nicolas, Ph.D dari CBSUA Philippines, Ts. Dr. Aida Firdaus Muhammad Nurul Azmi dari UITM Shah Alam Malaysia, serta dari Unwar yakni Dr. Ir I Gusti Bagus Udaya, M.Si, Dr. Ir. Luh Suriati, M.Si, dr. Ayu Naya Kasih P, S.Ked.,M.Biomed, dan Kadek Windy Candrayana, ST.,MT. Ketua Panitia Dr. Ir. I Gede Pasek Mangku, MP., mengatakan seminar ini diselenggarakan selama 2 hari dari tanggal 16-17 Nopember 2022 yang mana pembicara  akan membagikan pengalaman yang berbasis penelitian. Hari pertama seminar diikuti oleh kurang lebih 500 peserta dan hari kedua diikuti oleh 146 presenter yang merupakan dosen Unwar yang  melakukan presentasi hasil pengabdiannya. "Diharapkan ini bisa sebagai langkah awal seminar pertama bagi LPM dan tentunya di tahun mendatang jika melakukan kegiatan seminar internasional pengabdian bisa lebih baik lagi," ungkapnya.

Kepala LPM Unwar Prof. Dr. Drs. I Wayan Wesna Astara, SH., MH., M.Hum., mengatakan dengan adanya seminar ini, ia berharap Unwar bisa bekolaborasi dengan masyarakat internasional dari perguruan tinggi internasional yang akan memberikan nilai tambah pada lembaga. Bali memiliki kearifan lokal berkaitan dengan pertaniannya, subak, maupun ekowisatanya yang mana ekowisata ini memberikan cirikhas kepada lembaga-lembaga lain bahwa ekowisata merupakan ciri dari Warmadewa. Ia juga berharap dengan adanya seminar internasional ini perguruan tinggi luar negeri bisa diajak berkolaborasi untuk melihat program pengabdian kepada masyarakat di Bali bahkan di Indonesia sehingga dapat mewujudkan kesejahteraan bersama.

Rektor Unwar Prof. dr. Dewa Putu Widjana, DAP&E.,Sp.ParK., mengatakan ini adalah seminar yang pertama dilaksanakan oleh LPM Unwar tingkat internasional . Ini merupakan momen penting karena kebutuhan terhadap kegiatan yang bernuansa internasional semakin hari semakin meningkat. Kegiatan ini sesuai dengan visi Unwar yang competitive globally yang sekaligus merupakan landasan penting untuk menuju tahun 2034. "Sebagai pimpinan universitas, saya tentu sangat mendukung kegiatan ini karena dapat berkesempatan untuk berbagi dan bertukar pengalaman secara global," ungkapnya. Ia juga berharap ke depan proses internasionalisasi ini bisa berjalan dengan baik.

Ketua Yayasan Kesejahteraan Korpri Propinsi Bali Dr. Drs. A.A. Gede Oka Wisnumurti, M.Si., mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi kepada LPM Unwar yang kali ini sudah mampu menyelenggarakan seminar internasional community service dengan menghadirkan narasumber dari luar negeri. Ia berharap kerjasama-kerjasama baik di bidang penelitian maupun di bidang pengabdian masyarakat di level internasional harus terus digalakkan dalam rangka mewujudkan go global tahun 2034. Naori Miyazawa sebagai salah satu invited speaker mengatakan dalam seminar kali ini dirinya menceritakan pengalamannya selama dua tahun menggarap proyek yang membantu para petani di Kabupaten Gianyar, termasuk pola pemasarannya karena setelah pasca panen, para petani tidak bisa menjual hasil panen dengan maksimal. "Sekarang saya ingin menjalin kerjasama dengan Universitas Warmadewa yang lebih kuat karena disini ternyata banyak memiliki peneliti untuk melakukan research dan community service," ujarnya. 



BERITA LAINNYA

LIHAT ARSIP BERITA LAINNYA