WaRC Gelar Celebrating Reasearch Lahirkan 17 Penelitian Internal & 4 Hasil Penelitian Kolaborasi

Oleh : | Jumat, 23 Desember 2022 | Dibaca : 199 Pengunjung

WaRC Gelar Celebrating Reasearch Lahirkan 17 Penelitian Internal & 4 Hasil Penelitian Kolaborasi

Warmadewa Research Centre menggelar kegiatan Celebrating Research dengan tema Global Research Agenda. Kegiatan ini merupakan bagian dari seminar akhir penelitian WaRC yang didanai dari hibah Yayasan Kesejahteraan Korpri Propinsi Bali Tahun Anggaran 2022. Dalam acara Celebrating Research ini telah menghasilkan sejumlah penelitia antara lain: 17 research internal, 1 research fellow ship, 1 research FSBJ dan PKB bekerjasama dengan Dinas Kebudayaan Provinsi Bali, 1 survei penelitian implementasi, serta 1 implementasi kebijakan kepala daerah bersama Badan Riset & Inovasi Daerah Provinsi Bali. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Ruang Merdeka Hall Lt.3 Gedung Merdeka Warmadewa College Jumat (23/12/22).

Direktur Warmadewa Research Centre I Nyoman Gede Mahaputra, S.T.,M.Sc.,Ph.D mengatakan kegiatan Celebrating Research hari ini merupakan bentuk perayaaan bagi para peneliti atas kerja keras yang dilaksanakan selama setahun. Ia menambahkan bahwa keberadaan WaRC memiliki tujuan sebagai wadah bagi para dosen untuk menunjukan kinerja penelitian. Selain itu ia juga menyampaikan dengan 442 sumber daya dosen yang dimiliki semestinya menjadi modal besar untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian di universitas warmadewa, selain penelitian bersifat individual maupun penelitian yang bersifat kolaborasi. Maka dari itu ia menyatakan bahwa saat ini WaRC harus mulai mereposisi dengan cara meningkatan kapasitas peneliti dengan mengangkat paradigma riset internasional, membangun jejaring international (international fellow), penyusunan hibah international, mengirim peneliti dalam seminar dan konferensi internasional, membangun portofolio internasional (pusat studi bersama WIA), serta berperan aktif dalam riset strategis daerah.  “Dalam mewujudkan hal tersebut ada banyak sekali tantangan yang harus dikerjakan untuk itu diperlukan beranekaragam strategi yang tepat untuk menanganinya” ujarnya.

Rektor Unwar yang diwakili oleh Wakil Rektor I Ir. I Nyoman Kaca, M.Si mengatakan bahwa kinerja akademik untuk tahun 2022 sudah mengalami peningkatan yang signifikan. Selain bidang penelitian, bidang pengabdian masyarakat melalui program macthing fund telah menghasilkan luaran-luaran yang berguna dan sudah dirasakan oleh masyarakat seperti teknologi pengolahan pertanian.  Ia juga menyampaikan bahwa salah satu cara untuk menaikan reputasi akademik universitas adalah mengadakan research fellow dengan mengundang guru besar dari luar negeri yang berkompeten untuk menjadi magnet bagi dosen-dosen untuk melakukan penelitian, ia menyatakan hal itu sudah terbukti dilakukan di kampus-kampus besar di Indonesia. “Saya harap dengan keberadaan WaRC ini dapa menjadi tempat untuk menghasilkan penelitian yang bersifat manuskrip dan saya harap warc ini dapat menuntun peneliti untuk menghasilkan jurnal-jurnal yang bereputasi” tegasnya.

Sementara itu Ketua Yayasan Kesejahteraan Korpri Propinsi Bali Dr. Drs. Anak Agung Gede Oka Wisnumurti, M.Si menyambut baik kegiatan celebration research yang dilakansanakan oleh WaRC. pihaknya juga memberikan aprisiasi atas kinerja penelitian yang dilakukan oleh dosen selama setahun ini. Ia mengatakan bahwa beban kerja dosen di bidang tridharma perguruan tinggi harus berjalan seimbang tidak hanya fokus dalam bidang pengajaran akan tetapi di bidang penelitian dan pengabdian juga harus dijalankan. Untuk menjalankan ketiga aspek tersebut dibutuhkan kolaborasi baik di tingkat lokal, nasional, dan inernational. “Di tingkat lokal ini bisa berkolaborasi bersama pemerintah daerah karena kepentingan riset di pemerintahan sangat dibutuhkan sehingga peran universitas untuk hadir di dalamnya memiliki peran krusial. Begitu juga di tingkat nasional bahkan internasional sehingga dengan kolaborasi ini akan memberikan banyak manfaat bagi kedua belah pihak” pungkasnya.  Setelah pembukaan acara, dilakukan penyerahan penghargaan kepada Badan Riset & Inovasi Daerah Provinsi Bali dan Dinas Kebudayaan Provinsi Bali, dilanjutkan dengan mengunjungi pameran poster hasil penelitian dosen yang mendapatkan hibah yayasan melalui Warmadewa Research Centre dan presentasi hasil penelitian. [pp]

 



BERITA LAINNYA

LIHAT ARSIP BERITA LAINNYA