LKMM-TM (Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa Tingkat Menengah) Tahun 2023

Oleh : | Selasa, 28 Februari 2023 | Dibaca : 2537 Pengunjung

LKMM-TM (Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa Tingkat Menengah) Tahun 2023

Dewan Perwakilan Mahasiswa Universitas Warmadewa menyelanggarakan LKMM-TM (Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa Tingkat Menengah) Tahun 2023 di Auditorium Widya Sabha Uttama Unwar pada Selasa (28/02/23). Acara dihadiri oleh Ketua Yayasan Kesejahteraan Korpri Propinsi Bali, Rektor Unwar yang diwakili Ka. Bamakermas, Kabag. Kemahasiswaan Unwar, DPM Perguruan Tinggi di wilayah Bali, DPM Unwar, BEM Unwar, DPM dan BEM Fakultas serta Sekolah Vokasi di lingkungan Unwar, Unitas di lingkungan Unwar, dan peserta latihan yang berjumlah 313 mahasiswa.

Adapun narasumber hari pertama (28/2/23) dalam pelatihan ini adalah Ketua Yayasan Kesejahteraan Korpri Propinsi Bali, Dr. Drs. Anak Agung Gede Oka Wisnumurti, M.Si., dengan materi Rencana Pengambangan Organisasi; Founder National Coordinator Satupadu Indonesia, I Komang Triska Ananda Dilivianugraha Priantara, dengan materi Krisis, Kreatif, Inovatif, dalam Berorganisasi Modern Berpikir; Dosen Fak. Teknik Militer UNHAN RI, Brigjen. TNI (Purn) Ketut Budiastawa S.Sos., M.Si., dengan materi Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara. Narasumber hari kedua (1/3/23) adalah Anak Agung Gde Ananda Murti, S.IP., dengan materi Perkembangan Teknologi Informasi, Komunikasi, dan Bidang Kewirausahaan; Wakil Rektor III Unwar, Dr. Ir. I Wayan Parwata, MT., IPU., ASEAN Eng., dengan materi Kebijakan Bidang Kemahasiswaan; Ka. BAMAKERMAS Unwar, Dr. Agus Darma Yoga Pratama, SS., M.Hum., dengan materi Public Speaking.

Ketua DPM Unwar, I Kadek Bagus Rakyan Dana Sinatra dalam sambutannya menyampaikan bahwa LKMM TM merupakan agenda rutin organisasi yang bertujuan melatih keterampilan manajemen mahasiswa untuk menambah kemampuan dalam berorganisasi. Kegiatan ini melibatkan beberapa narasumber yang profesional dengan harapan dapat membagikan ilmu dan keterampilan untuk menambah wawasan organisasi mahasiswa. Harapan dari kegiatan ini mahasiswa dapat ikut secara intens untuk setiap materi yang disampaikan.

Rektor Universitas Warmadewa yang diwakili oleh Ka. BAMAKERMAS Unwar, Dr. Agus Darma Yoga Pratama, SS., M.Hum., dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa kegiatan ini sangatlah penting dalam berorganisasi. Pelatihan keterampilan dan manajemen merupakan ilmu dasar yang wajib dimiliki mahasiswa untuk menjalankan organisasinya. Terdapat dua kata kunci yaitu keterampilan yang berarti softskill untuk menyelesaikan sesuatu dengan baik, benar, dan tepat sedangkan manajemen adalah seni mengatur orang untuk mencapai tujuan bersama. Setiap mahasiswa wajib untuk menjadi pemimpin dirinya sendiri sebelum memimpin orang lain, tidak harus selalu didengar tetapi belajar untuk mendengar. Hapuslah mental blok yang selama ini menjadi hambatan dari dalam diri seperti merasa tidak percaya diri, takut untuk mencoba, dan bahkan berinovasi/berkreativitas. Harapannya bagi seluruh peserta LKMM TM tahun 2023 agar mampu memanfaatkan organisasi di Unwar ini sebagai inkubator untuk mengembangkan diri dan melatih manajemen organisasi. Dengan pengetahuan ini, mahasiswa Unwar agar mampu bersaing lagi bukan di tingkat regional lagi, namun sudah mampu Go Global yang mulai diawali dari ASEAN yang sesuai dengan visi misi kita. Go global ini tidak hanya membutuhkan peran dosen saja, namun juga membutuhkan peran aktif mahasiswa. Segala ilmu yang didapatkan melalui pelatihan ini tidak hanya dirasakan mahasiswa saat masih aktif, namun nanti akan lebih bermanfaat saat menjadi alumni dan diterapkan di lingkungan masyarakat. Acara dilanjutkan dengan Pembukaan LKMM TM Tahun 2023 dengan pemukulan Gong oleh Rektor Unwar yang diwakili oleh Ka. BAMAKERMAS Unwar yang didampingi oleh Ketua Yayasan Kesejahteraan Korpri Propinsi Bali, Kabag. Kemahasiswaan, Ketua DPM Unwar, dan Ketua Panitia.



BERITA LAINNYA

LIHAT ARSIP BERITA LAINNYA