• Selamat Datang di Website Resmi Universitas Warmadewa - Bermutu, Berwawasan Ekowisata dan Berdaya Saing Global Pada Tahun 2034 - Jalan Terompong 24 Tanjung Bungkak, Denpasar, Bali, Indonesia - Email : info@warmadewa.ac.id - Telp. 0361-223858 - Fax. 0361-

FEB Unwar Gelar Pengabdian Masyarakan di Pura Er Jeruk

  • 01 Juli 2019
  • 170 Pengunjung
FEB Unwar Gelar Pengabdian Masyarakan di Pura Er Jeruk

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Warmadewa menyelenggarakan Pengabdian Masyarakat Mahasiswa Kelas Reguler B Semester Genap 2018/2019 dengan tema "Melalui Pengabdian Masyarakat Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Kita Tingkatkan Peran Subak Dalam Eksistensi Petani Untuk Menunjang Pariwisata" pada Minggu, 30 Juni 2019 di Pura Er Jeruk Desa Adat Sukawati, Kabupaten Gianyar  Acara dihadiri oleh Dekan beserta Wakil Dekan FEB, Kelihan Subak Gede Er Jeruk, Ketua dan Sekretaris Jurusan di lingkungan FEB, Ketua Lab di lingkungan FEB, Ketua UPM FEB, Pejabat Struktural di lingkumgan FEB, Dosen dan Pegawai di lingkungan FEB serta mahasiswa Reguler B Semester 2 FEB.

Acara diisi dengan kerja bakti bersih-bersih disertai penyerahan dan penanaman pohon jempiring di lingkungan Pura Er Jeruk serta diisi "Dharma Wacana" oleh Dekan FEB Unwar dan Kelihan Subak Gede Er Jeruk Drs. I Made Sukaidep. Ketua Pengelola Kelas Reguler B FEB Unwar Drs. I Wayan Rupa, M.Agb., Ak., CA., mengatakan kegiatan hari ini merupakan program Fakultas yaitu pengabdian masyarakat khususnya untuk kelas Reguler B FEB Unwar yang dilakukan setiap satu tahun sekali dan mengajak kurang lebih 350 mahasiswa semester 2. Selain "ngayah" nanti juga akan ada "Dharma Wacana". Pengabdian masyarakat kali ini bertempat di Pura Er Jeruk yang sebelumnya bertempat di Kintamani dikatakan selain melakukan kerja bakti mahasiswa juga dapat melakukan persembahyangan dan sasarannya akan lebih sering dilakukan di pura.

Kelihan Subak Gede Er Jeruk Drs. I Made Sukaidep mengucapkan terimakasih atas bantuan yang diberikan oleh FEB Unwar. Dimana bantuan ini sangat pura guna pbersihan pura dan penghijauan area lingkungan pura. Dekan FEB Unwar Dr. I Made Sara, S.E., MP., membenarkan bahwa kegiatan ini merupakan program tahunan yang dilakukan serangkain penerimaan mahasiswa baru dimana dilihat dari kondisi saat ini dibuat sedikit berbeda agar kesannya tidak hanya sekedar "menyapu" yang akhirnya diisi dengan Dharma Wacana dan pemaparan tentang pemberdayaan potensi yang ada. Pengabdian masyarakat kali ini menyasar wilayah Sukawati yang berpusat di Pura Er Jeruk dikatakan karena dilihat sementara ini masih mampu bertahan dalam gebrakan pengembangan pariwisata secara umum di Indonesia dan khususnya di Bali masih mampu bertahan yang namanya "subak".

Subak adalah salah satu organisasi tradisional yang masih mampu dipertahankan walaupun pengembangan pariwisata yang kian gencarnya. Ini merupakan salah satu bentuk konservasi yang akan disampaikan kepada mahasiswa dan berharap pengelola subak disini menjelaskan bagaimana cara mempertahankan subak itu agar tidak hilang. Dikenalnya Bali ini tidak luput dari organisasi-organisasi tradisional yang pernah dimiliki. Dalam mendorong suatu wujud nyata dari visi misi Fakultas disamping menciptakan sarjana yang bermutu dan mampu bersaing di pasaran kerja, FEB Unwar ingin melestarikan ekowisata yang salah satunya adalah bagaimana mempertahankan subak ini yang nantinya dikenal juga oleh mahasiswa tidak saja masyarakat bertani tetapi mahasiswa sendiri masih banyak yang belum mengetahui bagaimana subak itu. Dan inilah tujuan dari pengabdian masyarakat guna memberikan pemahaman dan mengenalkan kembali kepada mahasiswa tentang subak tersebut.

Humas Bappsik Unwar Melaporkan

  • 01 Juli 2019
  • 170 Pengunjung

Lainnya

Pencarian