• Selamat Datang di Website Resmi Universitas Warmadewa - Bermutu, Berwawasan Ekowisata dan Berdaya Saing Global Pada Tahun 2034 - Jalan Terompong 24 Tanjung Bungkak, Denpasar, Bali, Indonesia - Email : info@warmadewa.ac.id - Telp. 0361-223858 - Fax. 0361-

WIP FS Unwar Lepas 51 Mahasiswa Asing

  • 19 Juli 2019
  • 88 Pengunjung
WIP FS Unwar Lepas 51 Mahasiswa Asing
Fakultas Sastra Universitas Warmadewa (FS Unwar) melalui Warmadewa International Program (WIP) kembali melepas 51 orang mahasiswa internasional "Batch 5" di Ruang Sri Kesari Warmadewa Mandapa, Kamis 18 Juli 2019. Mereka berasal dari 35 perguruan tinggi di 6 negara berbeda Eropa, seperti negara Jerman, Prancis, Republik Ceko, Belgia, Belanda dan Switzerland.
 
Pelepasan Mahasiswa Internasional WIP Fakultas Sastra Unwar "Batch V" semakin membuktikan bahwa Unwar semakin berkibar di dunia pendidikan internasional. 
 
Pelepasan dilakukan langsung oleh Dekan FS Unwar, Prof. Dr. I Nyoman Kardana, M.Hum., bersama para wakil Dekan. Acara ini dihadiri oleh Wakil Rektor I Unwar, Ir. I Nyoman Kaca, M.Si., Asia Exchange, Kepala Internasional Office Unwar, Wakil Dekan I FTP Unwar, Wakil Dekan I FKIK Unwar, Wakil Dekan I FISIP Unwar dan Pejabat Struktural di lingkungan Fakultas Sastra, serta dosen dan pegawai di lingkungan Fakultas Sastra Unwar.
 
Dekan FS Unwar, Prof. Dr. I Nyoman Kardana, M.Hum., mengaku bahagia karena dari tahun ke tahun jumlah mahasiswa asing yang mengikuti WIP di FS Unwar terus meningkat. Bahkan, untuk "Batch 6" yang dibuka pada bulan September mendatang jumlah mahasiswa asing yang telah mendaftar sebanyak 60 orang lebih. Hal ini membuktikan bahwa WIP FS Unwar semakin diminati oleh mahasiswa asing untuk belajar budaya Bali.
 
Seluruh mahasiswa asing "Batch 5", dikatakan telah mengikuti proses pembelajaran selama 1 semester (kurang lebih 4-5 bulan) dengan baik dan rajin. Bahkan, mereka mengikuti perkuliahan di dalam kelas rata-rata di atas 75 persen. Selain belajar di dalam kelas, mereka juga diberikan kesempatan untuk mengikuti workshop, excursion dan diajak berkunjung ke beberapa wisata yang ada di Bali. Di samping diberikan kesempatan belajar menari Bali, Gamelan Bali, dan bagaimana cara membuat canang sari atau gebogan bagi yang perempuan dan belajar membuat tradisional food, seperti sate dan lawar bagi yang laki-laki.
 
Pada saat mengikuti workshop, mahasiswa lokal sengaja dilibatkan untuk berkolaborasi dengan mahasiswa asing. Tujuannya agar mahasiswa lokal dapat belajar dan berinteraksi secara langsung dengan mahasiswa asing, baik berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris maupun belajar budaya mahasiswa asing. Sehingga, suasana akademik di FS Unwar semakin hidup menuju sesuai misi Unwar menuju universitas go global pada tahun 2034 mendatang.
 
"Dengan adanya kelas internasional ini sangat bermanfaat bagi pengembangan dan peningkatan kompetensi bahasa Inggris mahasiswa loka kami, terutama mahasiswa jurusan bahasa Inggris. Sebab, sebelum adanya kelas internasional, kemampuan bahasa Inggris mahasiswa lokal kami masih kurang. Tetapi semenjak adanya kelas internasional, kemampuan bahasa Inggris mereka meningkat. Ini sungguh luar biasa,"ujar Prof. Kardana.
 
Dalam sambutannya, Rektor Unwar Prof. dr. Dewa Putu Widjana, DAP&E.,Sp.ParK., yang dibacakan oleh Wakil Rektor I Unwar, Ir. I Nyoman Kaca, M.Si., berharap seluruh mahasiswa asing yang dilepas agar bisa menjadi duta pertukaran mahasiswa di negara masing-masing, yang membuat orang-orang berkeinginan mengambil program WIP di kampus Warmadewa. Sebab, WIP merupakan program sangat penting dalam mendukung visi Unwar untuk menjadi World Class University di tahun 2034.
 
Diharapkan, WIP FS Unwar tetap berkolaborasi dan melangkah ke depan bersama dengan Asian Exchange, sehingga pada tahun-tahun berikutnya akan ada program internasional lainnya yang bisa dikolaborasikan bersama Unwar.
 
Humas Bappsik Unwar
Melaporkan
  • 19 Juli 2019
  • 88 Pengunjung

Lainnya

Pencarian