• Selamat Datang di Website Resmi Universitas Warmadewa - Bermutu, Berwawasan Ekowisata dan Berdaya Saing Global Pada Tahun 2034 - Jalan Terompong 24 Tanjung Bungkak, Denpasar, Bali, Indonesia - Email : info@warmadewa.ac.id - Telp. 0361-223858 - Fax. 0361-

FKIK UNWAR LANTIK 76 DOKTER BARU DALAM PELANTIKAN DOKTER KE XV TAHUN 2019.

  • 31 Juli 2019
  • 184 Pengunjung
FKIK UNWAR LANTIK 76 DOKTER BARU DALAM PELANTIKAN DOKTER KE XV TAHUN 2019.

Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Universitas Warmadewa menyelenggarakan Upacara Pelantikan Dokter ke XV Tahun 2019 pada hari Minggu, 28 Juli 2019 di Agung Room, Inna Grand Bali Beach Hotel Sanur. Acara Acara dihadiri oleh Rohaniawan, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali, Sekretaris Yayasan Kesejahteraan Korpri Propinsi Bali, Rektor Unwar, WR I, WR III Unwar, Perwakilan IDI Bali, Perwakilan Direktur RS. Badung Mangusada, RS. Sanjiwani Gianyar, RS. Tabanan, RSJ. Bangli, Dekan FKIK, WD I, WD II, WD III FKIK Unwar, Kaprodi FKIK Unwar, Dokter dan pengajar dilingkungan FKIK Unwar, staf FKIK Unwar, seluruh Dokter Baru yang akan dilantik, dan undangan serta keluarga para Dokter Baru yang akan dilantik

Acara diawali dengan pengucapan Sumpah Dokter yang dibacakan oleh Dekan FKIK Unwar di dampingi oleh rohaniawan, dilanjutkan dengan pengukuhan dan penandatanganan sumpah dokter menurut agamanya masing-masing. Setelah itu dilanjutkan dengan Pelantikan dan Penyerahan Ijazah dan Penyematan Alumni kepada Dokter yang dilantik dan dilanjutkan dengan Penyerahan Dokter Baru FKIK Unwar kepada IDI Wilayah Bali,
Penyerahan penghargaan kepada dokter berprestasi dengan IPK tertinggi, nilai CBT UKM PPD tertinggi, dan nilai tertinggi OSCE UKM PPD.

Kesan dan pesan dari Dokter baru yang telah dilantik menyampaikan rasa bangga dengan dilantiknya sebagai dokter pada hari ini. Ini merupakan hasil perjuangan penuh dengan canda, tawa, dan tangis demi meraih mimpi untuk membahagiakan orang tua dan berguna bagi masyarakat sekitar. Ucapan terimakasi kepada orang tua dan seluruh pengajar yang telah membimbing kami. Ini merupakan tanggung jawab baru, kita harus bisa profesional dalam mengaplikasikan kompetensi yang didapat dalam waktu kuliah. Harus bisa menjadi dokter profesional, belajar sepanjang hayat dan untuk mahasiswa yang belum lulus agar teruslah bersemangat dan gapai prestasimu.

Kesan dan pesan dari perwakilan orang tua Dokter mengucapkan terima kasih kepada seluruh civitas Universitas Warmadewa atas segala hal yang telah diberikan kepada anak didik kami sehingga mampu meraih mimpinya dan menjadi dokter. Ucapan selamat kepada dokter baru yang telah meraih prestasi dengan nilai tertinggi. Saat di era Revolusi Industri 4.0 banyak tantangan yang harus dilalui untuk mengikuti kemajuan global. Ciri utama dalam mengikuti kemajuan yaitu memanfaatkan setiap kegiatan yang dilakukan dengan internet, mengikuti kemajuan teknologi, mencari berbagai ilmu dan sumber belajar. Sebagai dokter baru, nantinya akan banyak menemukan kasus-kasus baru di masyarakat. Pesan kepada dokter baru agar menjadi dokter yang berbasis teknologi, selalu mengedapankan kejujuran dalam bertugas, disiplin, mudah bergaul, saling mendukung, kerja keras, cinta profesi, keterampilan adalah faktor-faktor dalam menentukan suatu keberhasilan. Ini adalah kunci sukses untuk dokter baru. Pesanya jangan berlebihan bersuka cita, karena masih banyak tantangan kedepannya. Sehingga jangan berhenti hanya sampai disini. Masih banyak ilmu yang harus digali lagi.

Dekan FKIK Unwar dr. I Gusti Ngurah Anom Murdhana, Sp. FK., menyampaikan bahwa Pelantikan Dokter yang ke 15 Tahun 2019 yang diikuti oleh 76 mahasiswa yang lulus tes kompetensi pada bulan Mei 2019. Sebanyak 76 dari 79 mahasiswa dinyatakan lulus tes kompetensi periode pertama. Dengan jumlah tersebut, persentase lulusan mahasiswa FKIK untuk periode Mei 2019 sebanyak 93,7 %. Persentase ini menempatkan FKIK Unwar pada urutan ke 14 dari 22 Fakultas Kedokteran yang ada di Indonesia. Jumlah lulusan untuk ujian pertama ini akan digunakan sebagai indikator dalam menentukan jumah kouta mahasiswa baru secara nasional. Untuk saat ini kouta mahasiswa baru FKIK Unwar sebanyak 150 mahasiswa. Sehingga dengan capaian prestasi lulusan ini, Kouta mahasiswa baru FKIK Unwar meningkat menjadi 200 mahasiswa baru. Penambahan jumlah mahasiswa ini juga didukung dengan penambahan fasilitas, sarana dan prasarana dalam mendukung dan menunjang kegiatan akademik. Selain sebagai indikator kouta mahasiswa, prestasi ini juga digunakan sebagai penunjang peningkatan akreditasi untuk FKIK Unwar. Saat ini akreditasi FKIK Unwar masih B. Dengan adanya akreditasi borang untuk PT, secepatnya FKIK Unwar akan melakukan reakreditasi dengan harapan memptoleh akreditasi A untuk FKIK Unwar. Hal ini sesuai dengan visi FKIK Unwar yaitu menjadi program studi Pendidikan Dokter terbaik di Indonesia Timur pada tahuj 2026, berbasis teknologi, dan menjadi dokter unggul di bidang kesehatan pariwisata.

Sebanyak 76 mahasiswa FKIK unwar ini nantinya setelah dilantik akan mengikuti pelatihan intensif profesi kemahiran dokter selama setahun. Setelah itu, mahasiswa dapat memilih untuk bekerja atau melanjutkan studi di PT se Indonesia. Untuk saat ini beberapa lulusan FKIK Unwar sudah bekerja di beberpa RS yang ada di Bali, NTB, NTT. Sehingga lulusan FKIK Unwar ini sudah mampu diterima oleh masyarakat dan mampu meningkatkan kesehatan masyarakat. Dengan prestasi ini, FKIK unwar tidak akan berpuas, karena masih banyak tantangan seperti meningkatkan akreditasi, mengabdikan instutusi untuk meningkatkan kesehatan masyarakat, dan menjalankan visi misi unwar yaitu meningkatkan kesehatan di bidang pariwisata.

Rektor Unwar, Prof. dr. Dewa Putu Widjana, DAP&E., Sp.ParK., memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada 76 Dokter Baru yang akan dilantik saat ini. Mereka ini adalah dokter-dokter terbaik yang kita bisa hasilkan di FKIK Unwar. Mereka ini adalah dokter-dokter yang kompeten dan mudah-mudahan mereka dapat bertugas dengan menerapkan kompetensi profesionalnya sebaik mungkin. Rektor juga memberikan apresiasi yang tinggi kepada pimpinan dan seluruh civitas FKIK Unwar dengan raihan persentase kelulusan yang mencapai 93 % ini. Ini merupakan penghargaan yang tinggi sehingga kedepannya prestasi ini agar terus ditingkatkan dan selalu konsisten dalam meningkatkan prestasinya sehingga FKIK Unwar yang merupakan icon Unwar mampu selalu terus berkembang dan maju.

Dalam sambutannya Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali, dr. Ketut Suarjaya, mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya atas usaha FKIK Unwar telah melahirkan dokter baru untuk daerah provinsi Bali. Kepada Dokter baru agar menggunakan gelar dokter secara benar dan dapat meningkatkan derajat kesehatan secara maksimal. Selamat kepada orang tua dan seluruh civitas FKIK yang telah berhasil mendidik dokter ini hingga seperti ini. Menjadi Dokter tidaklah mudah, banyak perjuangan baik secara materiil dan non materiil. Perjuangan ini belumlah cukup, masih ada intensif yang harus diikuti.

Setelah menjadi dokter, harus ingat selalu dengan Filosofi Dokter antara lain: dalam menjadi dokter harus bisa memandang permasalah yang akan timbul kedepannya, dokter harus bekerja keras dan berhati mulia, dokter harus terampil dan teliti. Kedepan tantangan harus dijalani dengan baik. Dalam intensif ini cari ilmu sebanyak mungkin, bahkan hingga keluar Bali, karena Dokter tidak hanya berorientasi kepada finansial tapi tetap berkewajiban memberikan kesahatan Bagi seluruh masyarakat. Tugas seorang Dokter bukan hanya mengobati tetapi menjaga orang sehat agar tetap sehat. Saat ini masih banyak diperlukan kontribusi dokter dalam kesehatan di Bali, sehingga pengabdian untuk menjadi dokter sangat diperlukan di Bali.


Humas BAPPSIK Melaporkan

  • 31 Juli 2019
  • 184 Pengunjung

Lainnya

Pencarian