• Selamat Datang di Website Resmi Universitas Warmadewa - Bermutu, Berwawasan Ekowisata dan Berdaya Saing Global Pada Tahun 2034 - Jalan Terompong 24 Tanjung Bungkak, Denpasar, Bali, Indonesia - Email : info@warmadewa.ac.id - Telp. 0361-223858 - Fax. 0361-

DORONG DOSEN UNTUK MENULIS ARTIKEL ILMIAH POPULER WARC UNWAR GELAR CREATIVE WRITING WORKSHOP

  • 30 September 2019
  • 113 Pengunjung
DORONG DOSEN UNTUK MENULIS ARTIKEL ILMIAH POPULER WARC UNWAR GELAR CREATIVE WRITING WORKSHOP

Melalui Creative Writing Workshop Warmadewa Research Centre Unwar bekeinginan membawa setiap dosen atau peneliti di warmadewa tidak hanya  menulis artikel dalam jurnal semata akan tetapi juga mampu membangun opini dalam bentuk artikel ilmiah yang populer. "jika di upload dalam jurnal  pembacanya hanya kalangan terbatas saja,  bisa dosen ataupun mahasiswa, sekarang tantangan sebetulnya adalah bagaimana agar hasil penelitian kita dapat dipahami dengan baik oleh masyarakat yang lebih luas sehingga peneliti perlu membuat artikel dan mudah dipahami oleh masyarakat" ungkap Ketua WARC Unwar I Nyoman Gede Mahaputra, ST., M.Sc.,Ph.D. pada acara "Creative Writing Workshop" yang digelar di Ruang warmadewa Reasearch Centre Unwar Jumat, 27 September 2019. Sebagai Narasumber acara "Creative Writing Workshop" adalah. Dr. I Ngurah Suryawan, MA. dan Anton Muhajir yang diikuti oleh 15 orang peserta berasal dari Kalangan Dosen dilingkungan Universitas Warmadewa dan dari pihak Luar Kampus Universitas Warmadewa.

Selain itu Pria yang sering disapa Mangde teraebut mengatakan Artikel yang dibuat, diharapkan masyarakat bisa membaca dan memahami isi dan maksud dari artikel atau penelitian tersebut. "Perlu adanya publikasi di media agar maksud dan tujuan dari penelitian dan artikel dapat di terima dengan baik oleh masyarakat, yang bisa dipublikasikan tidak harus di jurnal tetapi di koran, majalah dan lainya pun bisa" paparnya lebih lanjut.  Ketua WARC berharap setelah diadakan pelatihan ini outputnya jelas,  paling tidak dapat dimuat di media masa seperti Koran atau media online lainya.  

Ditemui di tempat acara Narasumber Acara Creative Writing Workshop Dr. I Ngurah Suryawan, MA. mengatakan bahwa tujuan sebenarnya dari Crative Writing Workshop ini adalah mengubah Jurnal Ilmiah yang dihasilkan melalui penelitian menjadi artikel Populer yang dapat dinikmati oleh publik secara luas melalui publikasi media masa.  "Artikel bisa kita olah menjadi artikel ilmiah populer yang yang bisa dinikmati oleh publik secara luas Hal ini penting sekali karena artikel populer nanti bisa menjembatani antara pendidikan akademik yanh di dapat oleh dosen dengan kepentingan publik yang lebih luas" paparnya.  

Pihaknya menegaskan agar penelitian dosen tidak menjadi pajangan untuk menghiasi wadah wadah jurnal yang ada sekarang, akan tetapi dapat dinikmati hasilnya oleh masyarakat "maka dari itu publikasi hasil penelitian dalam bentuk artikel populer ini harus dipublikasikan melalui media,  baik itu media cetak seperti koran,  maupun media elektronik lainya sehingga nilai-nilai yang terkandung dalam sebuah penelitian dapat dinikmati oleh masyarakat"imbuhnya.

Sementara itu Anton Muhajir yang juga sebagai narasumber mengatakan bahwa media berperan penting dalam rangka publikasi artikel dan hasil penelitian. Lebih lanjut dikatakan Melalui media masyarakat luas akan tau tentang informasi,  apalagi keberadaan dosen sebagai akademisi mampu menghasilkan penelitian dan output penelitian harus dapat dinikmati oleh masyarakat. Selain itu media saat ini berpengaruh cepat dalam penyebaran informasi kepada masyarkat "oleh karena pengaruh cepat media dalam penyebaran informasi maka ini harus dimanfaatkan para akademisi khususnya dosen untuk mempublikasikam hasil penelitian baik dalam bentuk artikel maupun lainya sehingga dapat dinikmati oleh masyarakat luas"jelasnya.

Humas Bappsik Unwar
Melaporkan

  • 30 September 2019
  • 113 Pengunjung

Lainnya

Pencarian