• Selamat Datang di Website Resmi Universitas Warmadewa - Bermutu, Berwawasan Ekowisata dan Berdaya Saing Global Pada Tahun 2034 - Jalan Terompong 24 Tanjung Bungkak, Denpasar, Bali, Indonesia - Email : info@warmadewa.ac.id - Telp. 0361-223858 - Fax. 0361-

FGD Merajut Keindonesiaan Melalui Aktualisasi Substansi Pembelajaran Mata Kuliah

  • 09 Oktober 2019
  • 32 Pengunjung
FGD Merajut Keindonesiaan Melalui Aktualisasi Substansi Pembelajaran Mata Kuliah

Pusat Kajian Pancasila Samskrtih Nusantara Unwar menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) dengan tema Merajut Keindonesiaan Melalui Aktualisasi Substansi Pembelajaran Mata Kuliah pada Selasa, 1 Oktober 2019 di Ruang Sidang Sri Ksari Mandapa. Acara dihadiri Rektor Unwar, Direktur dan Sekretaris Pascasarjana Unwar, Dekan, Wakil Dekan I di lingkungan Unwar, para kepala lembaga di lingkungan Unwar, dan dosen pengampu mata kuliah Pancasila, Kewarganegaraan, Filsafat dan Agama di lingkungan Unwar.

Penyelenggaraan Diksusi Kelompok Terfokus (DKT)/ Focus Group Discussion (FGD) ini bertujuan untuk menjaring pemikiran dan menggali butir-butir nilai Pancasila untuk materi pembelajaran bersama mata kuliah Pancasila, Kewarganegaan, Filsafat dan Agama, merumuskan model pembelajaran bersama mata kuliah Pancasila, Kewarganegaraan, Filsafat dan Agama yang berbasiskan Pancasila dan merumuskan draf modul Pembelajaran Nilai-nilai Pancasila dalam Mata Kuliah Pancasila, Kewarganegaarn, Filsafat dan Agama di Universitas Warmadewa

Ketua Pusat Kajian Pancasila Samskrtih Nusantara Unwar Dr. Drs. I Wayan Gede Suacana, M.Si., mengatakan tujuan pokoknya adalah bagaimana sebetulnya nilai-nilai keindonesiaan terutama yang dilandasi oleh pancasila yang masuk ke ranah mata kuliah terutama mata kuliah terkait seperti agama, mata kuliah kewarganegaraan, mata kuliah filsafat sehingga ini memang betul-betul bisa sebagai tindak preventif bagaimana generasi muda atau generasi milenial memahami nilai kepancasilaan. Harapan kedepan dari hasil FGD ini bisa dibuat sebuah rancangan untuk model pembelajaran. Dari model pembelajaran itu nanti akan dirancang modul bagaimana nilai pancasila ini masuk ke dalam mata kuliah.

Rektor Unwar Prof. dr. Dewa Putu Widjana, DAP&E.,Sp.ParK., mengatakan waktu pelaksanaan kegiatan ini tepat karena bisa dilihat dari apa yang kita rasakan carut marut kehidupan berbangsa dan bernegara. Ini nerupakan indikasi terjadinya kemerosotan kebangsaan dan rasa nasionalisme. Munculnya radikalisme dan lain sebagainya yang merupakan salah satu degradasi pemahaman maupun implementasi dari nilai-nilai pancasila. Ini salah satu penyebab yang nenimbulkan munculnya kemerosotan moral dan adanya ketidak pastian dalam negara ini. Ia berharap dari pusat kajian ini bisa mengembangkan suatu cara atau metode bagaimana caranya menyampaikan bagaimana menyampaikan nilai-nilai pancasila itu kepada mahasiswa Unwar.

  • 09 Oktober 2019
  • 32 Pengunjung

Lainnya

Pencarian