• Selamat Datang di Website Resmi Universitas Warmadewa - Bermutu, Berwawasan Ekowisata dan Berdaya Saing Global Pada Tahun 2034 - Jalan Terompong 24 Tanjung Bungkak, Denpasar, Bali, Indonesia - Email : info@warmadewa.ac.id - Telp. 0361-223858 - Fax. 0361-

FKIK Unwar Bekerja sama dengan Pusat Kajian Pancasila Samskrtih Nusantara Unwar menggelar Seminar Samskrtih Nusantara

  • 25 Oktober 2019
  • 245 Pengunjung
FKIK Unwar Bekerja sama dengan Pusat Kajian Pancasila Samskrtih Nusantara Unwar menggelar Seminar Samskrtih Nusantara

Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Unwar Bekerja sama dengan Pusat Kajian Pancasila Samskrtih Nusantara Unwar menggelar Seminar Samskrtih Nusantara "Kearifan Nusantara dalam Metode Pengobatan Tradisional alternatif komplementer" di ruang Sidang Sri Ksari Warmadewa Mandapa Unwar Jumat, 25 Oktober 2019. Acara dihadiri Oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali, Ketua Yayasan Kesejahteraan Korpri Propinsi Bali,  Wakil Rektor III Universitas Warmadewa, Ka. LEMLIT, Ka. LPM,  Dekan FKIK Unwar, Direktur Program Pascasarjana, Dekan FISIP,  Wakil Dekan III Fakultas Pertanian, Wakil Dekan I FH,  Ketua Pusat Kajian Pancasila Unwar dan Undangan lainya

Ketua Panitia Dr. Drs. I Wayan Gde Suacana, M.Si mengatakan kegiatan ini bertepatan dengan Hari Ayur Veda Sedunia. Dan peringatan tersebut setiap tahun di laksanakan tepat tgl 25 oktober.  Ayur weda merupakan salah satu sistem kedokteran paling kuno dan terdokumentasi dengan baik, hingga sampai saat ini Ayur Veda masi relevan digunakan.  Menurutnya yang melatarbelakangi seminar ini mengambil tema Kearifan Nusantara dalam Metode Pengobatan Tradisional alternatif komplementer bahwa indonesia dianugrahi kekayaan hayati bahkan terbesar nomor 4 di dunin selain itu juga  pergeseran pola hidup masyarakat yang menjadi faktornya. pemanfaatan tamanan obat pun diharapkan lebih serta Pengelolaan pengobatan tradisional dengan baik menurutnya dapat mensejahterakan masyarakat.   "Tujuan seminar ini dalam hakekatnya adalah menjaring pemikiran mengenai landasan filosofis  Kearifan Nusantara dalam Metode Pengobatan Tradisional alternatif komplementer dan Memahami tata cara pengobatan serta bagiamana manfaatnya bagi masyarakat" paparnya. 

Rektor Universitas Warmadewa yang diwakili oleh Wakil Rektor III Dr. Ir. I Wayan Parwata,  MT., IPM mengatakan Kegiatan seminar tersebut dapat disenergikan terus menerus guna nantinya dapat memberikan dampak positif bagi lembaga. Hal itu karena di indonesia Kesehatan tradisional menjadi belum dominan digunakan sebagai pengobatan. "Kita di indonesia kaya akan tanaman obat. Hal tersebut akan menggugah kita bahwa sistem pengobatan tradisional itu akan sangat penting adanya Ada 3 yang harus kita perhatikan harapan kita pertama agar sistem pengobatan tradisional diselipkan mata kuliah mengenai pengobatan tradisional.  Yang kedua hal ini dapat menjadi bahan penelitian bagi universitas warmadewa.  Dan ketiga perlu adanya sebuah wadah untuk mendukung kegiatan dalam pengobatan tradisional" ungkapnya.  Harapan kami melalui lembaga penelitian dengan menyikapi perihal pengobatan tradisional kedepanya bisa dijadikan suatu penelitian dan bahkan menjadi paten bagi universitas warmadewa.

Ketua Yayasan Kesejahteraan Korpri Propinsi Bali Dr. Drs. A. A Gede Oka Wisnumurti,  M.Si.  mengharapkan seminar hari ini dapat merumuskan dan menghasilkan pemikiran yang out the box. seminar tersebut bisa mengasilkan sesuatu yang berdampak positif bagi lembaga. "Ini tentunya Karena bapak gubernur telah mengluarkan pergub tentang pengobatan tradisional merupakan sebuah peluang yang bisa kita manfaatkan kedepannya"
Melakukan penelitian mengenai tanaman obat-obatan menurutnya tentu akan memberikan dampak positif bagi lembaga.  Diharapkan masukan-masukan dari peserta dapat memberikan pengaruh bagi pemerintah karena dari pihak pemerintah sekrang ini sedang serius menangani pengobatan tradisional. 

Humas Bappsik Unwar
Melaporkan.

  • 25 Oktober 2019
  • 245 Pengunjung

Lainnya

Pencarian