• Selamat Datang di Website Resmi Universitas Warmadewa - Bermutu, Berwawasan Ekowisata dan Berdaya Saing Global Pada Tahun 2034 - Jalan Terompong 24 Tanjung Bungkak, Denpasar, Bali, Indonesia - Email : info@warmadewa.ac.id - Telp. 0361-223858 - Fax. 0361-

Pengabdian Kepada Masyarakat Fakultas Sastra Universitas Warmadewa di Desa Sangeh

  • 25 Oktober 2019
  • 183 Pengunjung
Pengabdian Kepada Masyarakat Fakultas Sastra Universitas Warmadewa di Desa Sangeh

Fakultas Sastra Universitas Warmadewa menyelenggarakan Pengabdian Kepada Masyarakat dengan tema "Melalui Pengabdian Kepada Masyarakat Kita Pahami Bahasa Inggris, Kuasai Budaya, dan Tanggulangi Sampah Plastik Demi Terwujudnya Sangeh Sebagai Desa Ekowisata" pada Jumat, 25 Oktober 2019 di Desa Sangeh, Kecamatan Abiansemal, Kabupaten Badung. Acara pembukaan dihadiri Dekan dan para Wakil Dekan FS, Pejabat Perbekel Desa Sangeh, Sekretaris Desa Sangeh, Pejabat Struktural d lingkungan FS, Dosen dan Staf di lingkungan FS, dan diikuti oleh 170 mahasiswa FS (semester V dan semester VII).

Ketua Panitia Drs. Ida Bagus Astika Pidada, M.Si mengatakan pengabdian kepada masyarakat merupakan salah satu dharma dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yang wajib diikuti oleh setiap civitas akademika selain pengajaran dan penelitian. Dasar pemikiran kembali dipilihnya  Desa Sangeh sebagai lokasi Pengmas adalah dalam rangka realisasi kerjasama antara Unwar dengan Desa Sangeh untuk membentuk desa binaan. Pengmas ini diikuti oleh mahasiswa Jurusan Sastra Inggris Semester V dan Semester VII sebanyak 170 orang, dosen dan staf FS Unwar sebanyak 39 orang. Adapun kegiatan-kegiatan yang dilakukan adalah penyerahan tong sampah dan tanaman hias, memberi kursus atau pelatihan pengajaran bahasa Inggris di Sekolah Dasar yang berada di Desa Sangeh, menanam tanaman hias dan kerja bakti, serta memberikan penyuluhan budaya kepada generasi muda dan PKK Desa.

Pejabat Desa Sangeh A.A. Gede Mangun Putra mengucapkan terima kasih kepada Fakultas Sastra Universitas Warmadewa karena telah melaksanakan pengabdian kepada masyarakat di Desa Sangeh dan telah menyumbangkan beberapa bibit tanaman dan juga tong sampah. Harapan besar dari kegiatan ini mudah-mudahan dapat memotivasi masyarakat untuk lebih menata desa Sangeh menjadi lebih baik lagi yang dalam kaitannya dengan gerakan bersih Desa Sangeh yang dicanangkan oleh Bupati Badung dimana nanti Sangeh sebagai daerah ekowisata yang tentunya perlu dijaga kebersihan dan keasriannya terkait dengan kunjungan wisatawan ke Bali khususnya ke Desa Sangeh.

Dekan FS Unwar Prof. Dr. I Nyoman Kardana, M.Hum mengucapkan terimakasih kepada pihak Desa Sangeh dan jajarannya karena telah kembali memberikan ijin FS Unwar untuk melaksanakan pengabdian kepada masyarakat di desa Sangeh untuk yang ketiga kalinya. Adapun alasan dilakukankannya Pengmas FS Unwar di Desa Sangeh karena Sangeh adalah salah satu desa yang sedang dikembangkan menuju desa ekowisata dan tentunya ini sangat tepat menjadi sasaran perhatian warga sekitar. Kemudian dikatakan kegiatan ini sebagai dasar karena disini FS Unwar bisa memberikan kontribusi terutama dalam peningkatan kemampuan berbahasa Inggris Pemuda Pemudo desa dalam rangka menyiapkan dan meningkatkan kemampuan bahasa Inggris dalam memberikan layanan yang baik terhadap wisatawan.

Mahasiswa akan diberikan program untuk memberikan pengajaran dan pelatihan singkat tentang bahasa Inggris untuk anak-anak SD dengan maksud memberikan kontribusi kepada anak-anak SD paling tidak untuk bisa memotivasi anak-anak yang ada di sini untuk mulai menyenangi dan meningkatkan daya tarik terhadap bahasa Inggris karena dampaknya jika mereka sudah memiliki kemampuan yang baik tentang bahasa Inggris tentunya hal ini akan berdampak terhadap pengembangan desa. Dan juga mahasiswa akan diarahkan untuk melakukan mini riset dengan harapan mahasiswa memiliki pengalaman untuk bagaimana mereka melakukan praktek dan mendapatkan data terkait dengan kemampuan berbahasa Inggris para pedagang yang ada di kawasan wisata.  Dengan ini mahasiswa akan dapat mengimplementasikan ilmu pengetahuan yang mereka dapatkan selama di kelas guna memberikan kontribusi dalam pengembangan desa Sangeh.

Humas Bappsik Unwar Melaporkan

  • 25 Oktober 2019
  • 183 Pengunjung

Lainnya

Pencarian