• Selamat Datang di Website Resmi Universitas Warmadewa - Bermutu, Berwawasan Ekowisata dan Berdaya Saing Global Pada Tahun 2034 - Jalan Terompong 24 Tanjung Bungkak, Denpasar, Bali, Indonesia - Email : info@warmadewa.ac.id - Telp. 0361-223858 - Fax. 0361-

Pengabdian Kepada Masyarakat Program Pascasarjana Unwar "Peranan Pecalang dalam rangka penanganan Covid-19 Desa Adat Sumerta Denpasar Timur"

  • 22 Juli 2020
  • 98 Pengunjung
Pengabdian Kepada Masyarakat Program Pascasarjana Unwar

Program Pascasarjana Universitas Warmadewa menyelenggarakan Pengabdian Kepada Masyarakat di Desa Adat Sumerta berkaitan dengan Peranan Pecalang dalam rangka penanganan Covid-19 di lingkungan Desa Adat Sumerta Denpasar Timur. Acara yang dihadiri langsung oleh Ketua Yayasan Kesejahteraan Kopri Propinsi Bali, Rektor Universitas Warmadewa, Direktur Program Pascasarjana Unwar dan Bendesa Adat Sumerta dilaksanakan di Kantor Bendesa Adat Sumerta Selasa (21/07/2020).  Selain itu hadir pula dalam acara Ketua dan sekretaris Program studi dilingkungan Program Pascasarjan Unwar, Ketua Alumni PPs Unwar beserta Alumni Angkatan 2018 serta prajuru adat dan pecalang Desa Adat Sumerta.

Direktur Program Pascasarjana Unwar Dr. Dra. A.A Rai Sita Laksmi, M.Si mengatakan peranan Pecalang sebagai garda terdepan desa adat memiliki peran penting untuk keamanan dan kenyamanan masyarakat adat di bali. Khususnya disituasi pandemic covid-19 saat ini. Untuk itu peranan dan pemberdayaan pecalang harus dilakukan dengan maksimal sesuai dengan prosedur yg berlaku, sehingga efektivitas dan fungsi dari pecalang dapat maksimal. "Melalui pengabdian masyarakat ini , Program Pascaarjana unwar ikut memberikan kontribusi melalui pengabdian kepada masyarakat kepada Pecalang Desa Adat Sumerta, hal ini guna untuk meningkatkan peranan dan pemberdayaan pecalang dalam rangka menghadapi situasi pandemi covid-19" ungkapnya.

Bendesa Adat Sumerta mengucapkan terimakasih atas pengabdian kepada masyarakat PKM yang diselenggarakan oleh Universitas Warmadewa. Menurutnya peranan pecalang di desa ada sangat penting untuk keamanan masyarakat desa dan wilayah desa. Selain itu pihaknya berharap kedepan terus ada sinergitas antara Unwar dan Desa Adat Sumerta  sehingga hubungan baik antara Desa dengan institusi pendidikan dapa berjalan dengan baik "saya berharap selepas acara ini, universitas warmadewa dapat membantu kami kembali melalui program pengabdian masyarakat atau sejenisnya" paparnya.

Rektor Universitas Warmadewa Prof. dr. Dewa Putu Widjana, DAP&E.,Sp.ParK menyambut baik kegiatan Pengabdian Kepada Masyarkat yang telah diselenggarakan oleh Program Pascasarjana Unwar. Menurutnya di Era Pandemi Covid-19 ini peran perguruan tinggi dalam membantu masyarakat melalui pengabdian kepada masyrakat sangat tepat dilaksanakan. Apalagi program pengabdian kepada masyarakat tersebut ditujukan kepada pecalang. Menurutnya Pecalang memiliki peranan yang luar biasa di dalam mempertahankan keamanan dan eksistensi Desa Adat. Apalagi di tengah situasi pandemi covid-19 saat ini, Pecalang sebagai petugas keamanan Desa menjadi garda terdepan dalam berjuang menghadapi pandemi covid-19. "Kami berharap dengan pengabdian ini dapat meningkatkan peranan dan pemberdayaan Desa Adat khususnya Pecalang" pungkasnya.  Pada Kesempatan tersebut Ketua Yayasan Kesejahteraan Korpri Propinsi Bali Dr. Drs. A. A. Gede Oka Wisnumurti, M.Si hadir sebagai Narasumber dengan memberikan materi tentang peranan Pecalang dalam penanggulangan Covid-19 di Desa Adat.

Humas Unwar
Melaporkan

  • 22 Juli 2020
  • 98 Pengunjung

Lainnya

Pencarian