• Selamat Datang di Website Resmi Universitas Warmadewa - Bermutu, Berwawasan Ekowisata dan Berdaya Saing Global Pada Tahun 2034 - Jalan Terompong 24 Tanjung Bungkak, Denpasar, Bali, Indonesia - Email : info@warmadewa.ac.id - Telp. 0361-223858 - Fax. 0361-

FH Unwar Gelar Workshop Penyempurnaan Visi, Misi, dan Kurikulum Pendidikan Tinggi Hukum

  • 31 Maret 2021
  • 97 Pengunjung
FH Unwar Gelar Workshop Penyempurnaan Visi, Misi, dan Kurikulum Pendidikan Tinggi Hukum

Dalam upaya menyempurnakan Visi, Misi, dan Kurikulum, Fakultas Hukum Universitas Warmadewa (FH Unwar) menggelar Workshop Penyempurnaan Visi, Misi, dan Kurikulum Pendidikan Tinggi Hukum, Rabu, 31 Maret 2021. Workshop yang digelar secara hybrid (memadukan online dan offline) ini dipusatkan di Ruang Jaya Singha Mandapa FH Unwar dengan menetapkan protokol kesehatan (Prokes). Workshop ini menghadirkan 3 orang narasumber, yaitu Prof. Ir. I Made Supartha Utama, MS.,Ph.D. (Guru Besar Pertanian Unud yang juga Anggota Tim Pengembangan Kurikulum Kemendikbud), dr. Rima Kusuma Ningrum, M.MedEd. (akademisi Unwar), dan Dekan FH Unwar, Prof. Dr. I Nyoman Putu Budiartha, SH.,MH., serta dibuka langsung oleh Rektor Unwar, Prof. dr. Dewa Putu Widjana, DAP&E.,Sp.ParK.

Dekan FH Unwar, Prof. Budiartha, mengatakan penyempurnaan visi, misi, dan kurikulum pendidikan tinggi hukum dilakukan untuk menyesuaikan dengan kepentingan kekinian stakeholder atau pemangku kepentingan. Sehingga, para lulusan yang dihasilkan match dengan pasar kerja yang ada, baik ditingkat nasional maupun internasional. Apalagi, Unwar memiliki visi yang visioner, yaitu bermutu, berwawasan ekowisata, dan berdaya saing global tahun 2034. "Dengan akreditasi A yang kami miliki, kami berencana setiap 2 tahun melakukan penyempurnaan visi, misi, dan kurikulum. Apalagi, kurikulum merupakan sebuah kewajiban dalam rangka untuk menarik calon mahasiswa guba bisa menghasilkan lulusan cepat diterima di pasar kerja,"ujar Prof. Budiartha, Rabu, 31 Maret 2021.

Selain itu, dikatakan sesuai dengan perubahan visi dan misi Unwar bahwa ada mata kuliah mandiri yang harus dimuat di setiap program studi (Prodi), yaitu ekowisata. Di samping juga mata kuliah wirausaha sebagai bahan ajar di setiap Prodi. Tidak hanya itu, penyempurnaan kurikulum yang dilakukan juga mengacu pada Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020 terkait perubahan standar nasional pendidikan tinggi dan sesuai dengan perubahan standar akreditasi yang dulu 7 kriteria menjadi 9 kriteria sesuai Permendikbud Nomor 5 Tahun 2020. Penyempurnaan kurikulum ini juga sesuai dengan kebijakan pemerintah, yaitu program Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

Rektor Unwar, Prof. Dewa Putu Widjana, mengatakan penyempurnaan visi, misi, dan kurikulum Pendidikan Tinggi Hukum yang digelar FH Unwar sangat penting dilakukan untuk meningkatkan kualitas lulusan. Sebab, dinamika perubahan faktor internal dan eksternal sangat dinamis. Sehingga, penyesuaian kurikulum harus dilakukan untuk mengakomodasi perubahan-perubahan yang terjadi untuk memenuhi kebutuhan pasar kerja. Minimal review dilakukan setiap setahun sekali dan dievaluasi setiap 4 tahun. Dengan demikian, akan diketahui seberapa efektif kurikulum tersebut berpengaruh terhadap para lulusan yang diserap di pasar kerja. Bahkan, para lulusan tidak hanya menjadi pencari kerja (job seeker) tetapi mampu menciptakan lapangan pekerjaan (job creator).

Narasumber, Prof. Made Supartha Utama, MS.,Ph.D., mengatakan mengkonstruksikan kurikulum sesuai dengan perkembangan zaman sangat penting dilakukan. Sebab, kebutuhan di sektor tenaga kerja atau sektor lainnya mengalami perubahan yang dinamis. Sehingga, capaian pembelajaran lulusan di dunia nyata dapat diterapkan. Rima Kusuma Ningrum, menambahkan bahwa implementasi penyempurnaan kurikulum di satuan pendidikan bergantung pada kesiapan dan tingkatan revisi yang dilakukan. Apabila, revisinya tingkat mikro maka akan cepat bisa diimplementasikan. Namun, apabila revisinya tingkat makro, maka membutuhkan waktu yang lebih lama.

Humas Unwar
Melaporkan

  • 31 Maret 2021
  • 97 Pengunjung

Lainnya

Pencarian