• Selamat Datang di Website Resmi Universitas Warmadewa - Bermutu, Berintegritas dan Berwawasan Lingkungan Kepariwisataan - Jalan Terompong 24 Tanjung Bungkak, Denpasar, Bali, Indonesia - Email : info@warmadewa.ac.id - Telp. 0361-223858 - Fax. 0361-235073

Seminar Kesehatan "Management of Cardiac Arrest"

  • 15 September 2018
  • 104 Pengunjung
 Seminar Kesehatan
Tim Bantuan Medis Baswara Prada FKIK Universitas Warmadewa Menyelenggarakan Seminar Kesehatan "Management of Cardiac Arrest" pada hari Sabtu, 15 September 2018 di Ruang Auditorium Widya Sabha Uttama Unwar.
 
Acara dihadiri oleh WR I, WR III Unwar, Dekan FKIK Unwar, Narasumber Seminar Kesehatan, Dosen dilingkungan FKIK Unwar, BEM dan DPM FKIK Unwar, Panitia Seminar dan Seluruh Peserta Seminar Kesehatan.
 
Ketua Panitia Seminar Kesehatan Wahyu Prayoga menyampaikan bahwa kegiatan Seminar Kesehatan ini merupakan acara rutin yang diadakan oleh Tim Baswara Prada. Seminar Kesehatan pada tahun 2018 ini mengambil tema Management of Cardiac Arrest yaitu untuk mengajarkan pertolongan pertama dalam mengatasi permasalahan pada organ bagian jantung. Sehingga seminar ini bertujuan untuk menambah pengetahuan dan skill dalam memberikan pertolongan pertama dalam peristiwa gagal jantung. 
 
Ketua Tim Bantuan Medis Baswara Prada Perussi Pranadipta dalam sambutannya menyampaikan bahwa dalam seminar ini terdapat 2 pemateri yang akan memberikan pengetahuan tentang pertolongan pertama pada organ jantung. Dari hasil pengumoulan data dan penelitian yang dilakukan oleh himpunan Dokter Jantung bahwa 350 ribu peritiwa henti jantung yang berakibat kepada kematian. Karena apabila lebih dari 3 menit orang yang mengalami gagal jantung tidak mendapatkan pertolongan, maka dia akan meninggal. Oleh karena itu disinilah perlu peran kita untuk mengetahui tindak lanjut pertolongan pertama dalam mengatasi gagal jantung. Sehingga kepada para peserta agar mengikuti acara Seminar Kesehatan ini dengan baik dan diakhir acara nanti akan ada pembagian doorprice untuk peserta yang beruntung.
 
Dalam sambutannya Rektor Unwar yang diwakili WR I Unwar Ir. I Nyoman Kaca M,Si., menyampaikan sangat menyambut baik Seminar Kesehatan yang dilaksanakan oleh Tim Baswara Prada FKIK Unwar. Pentingnya seminar ini diadakan adalah untuk menambah pengetahun dan keterampilan mahasiswa dalam memberikan pertolongan pertama dalam peristiwa gagal jantung. Dikutip dari internet, bahwa pada Tahun 2017 panyakit jantung adalah pembunuh no 1 di dunia. Seperti yang diketahui Jantung ini adalah organ yang selalu bekerja sepanjang hari terus tanpa ada henti. Sehingga menjaga kesehatan jantung adalah kewajiban yang harus dilaksanakan. Mengatur pola pokir dan pola makan merupakan salah satu hal kecil yang harus dilaksanakan. Penyakit jantung saat ini tidak hanya banyak diderita oleh orang tua, namun sudah banyak diderita oleh remaja diusia produktif. Dengan adanya kegiatan seminar seperti ini akan sangat mempengaruhi peningkatan pengetahuan mahasiswa. Dengan input yang bagus akan menghasilkan ouput yang bagus. Sehingga prestasi FKIK saat ini dengan lulusan Profesi Dokter diatas rata-rata agar selalu ditingkatkan lagi.
 
Narasumber dalam seminar ini adalah dr. I Gede Bagus Gita Pranata Putra, M.Biomed., Sp.JP, FIHA dengan materi Bantuan Hidup Dasar dan Pertolongan Kegawatdaruratan Jantung dan dr. I Wayan Sutarmawan, Sp.JP, FIHA dengan materi Cardiac Arres "Etiology and Diagnosis" yang di mideragori oleh dr. Ni Wayan Rusni M.Erg., Akademisi FKIK Unwar. 
 
 
Humas BAPPSIK Melaporkan
  • 15 September 2018
  • 104 Pengunjung

Lainnya

Pencarian