• Selamat Datang di Website Resmi Universitas Warmadewa - Bermutu, Berintegritas dan Berwawasan Lingkungan Kepariwisataan - Jalan Terompong 24 Tanjung Bungkak, Denpasar, Bali, Indonesia - Email : info@warmadewa.ac.id - Telp. 0361-223858 - Fax. 0361-235073

Tingkatkan Kesejahteraan Petani Desa Carangsari, FP Unwar Gelar Pengabdian Kepada Masyarakat

  • 06 Oktober 2018
  • 63 Pengunjung
Tingkatkan Kesejahteraan Petani Desa Carangsari, FP Unwar Gelar Pengabdian Kepada Masyarakat
Fakultas Pertanian Universitas Warmadewa menyelenggarakan Pembukaan Pengabdian Kepada Masyarakat dengan tema “Pemanfaatan Sumber Daya Lokal Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Petani” pada Sabtu, 6 Oktober 2018 di Desa Carangsari, Kecamatan Petang, Kabupaten Badung. Acara dibuka Kepala Desa Carangsari I Nyoman Artawa, dihadiri Dekan Fakultas Pertanian, para Wakil Dekan FP Unwar, para Ketua dan Sekretaris Prodi di lingkungan Unwar, Ketua UPM FP Unwar, Kelian Banjar di lingkungan Desa Carangsari, Ketua PKK Desa Carangsari, Kepala Lab, dosen dan staf FP Unwar. 
 
Ketua Panitia Ir. Ni Ketut Mardewi, M.Si., mengucapkan terimakasih kepada pemerintah daerah tingkat II Badung khususnya kepada Kepala Desa Carangsari yang telah berkenan memberikan ijin lokasi dalam menjalankan salah satu misi tri dharma perguruan tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan ini melibatkan masyarakat Desa Carangsari dan Dosen FP Unwar. "Meskipun kegiatan ini hanya berlangsung 1 hari tetapi untuk keberlanjutannya kami akan tetap melakukan pendampingan kepada masyarakat setiap saat, melakukan monitoring dan evaluasi", ungkapnya.
 
 
Pada kesempatan tersebut Dekan Fakultas Pertanian Unwar Ir. Dewa Nyoman Sadguna, M.Agb., mengatakan kegiatan ini didesign untuk berkelanjutan, tidak hanya sekali datang. Ini akan ditindak lanjuti dengan MoU sehingga semua program yang ada disini bisa bermanfaat bagi masyarakat di Desa Carangsari. "Harapannya tingkat kesejahteraan dan ekonomi masyarakat disini akan lebih berkembang. Semua prodi yang ada di FP Unwar akan turun langsung berperiode untuk membina desa ini termasuk program-program yang berkaitan dengan desa wisata seperti visi misi kita dalam hal pencapaian visi misi Unwar", pungkasnya.
 
Kepala Desa Carangsari I Nyoman Artawa sangat mengapresiasi baik kegiatan ini. "Desa Carangsari memang membutuhkan pakar-pakar pertanian dan perikanan apalagi nanti ada yg lain. Karena desa ini kebanyakan penduduknya masih bercocok tanam dalam hal ini pertanian dalam arti luas pertanian basah. Tetapi dalam hal ini kita memang terkendala kekurangan air. Kepala desa sangat berharap kegiatan ini berlangsung secara berkelanjutan. Kita akan membuat MoU dengan Fakultas Pertanian Universitas Warmadewa. Saya sangat harapkan MoU ini benar-benar terjadi. Saya bangga dengan Unwar, kami kedatangan mahasiswa KKN Unwar yang membludak. Begitu banyaknya mahasiswa yang tersebar di 10 banjar. KKN ini mendapatkan hasil yang jelas, salah satunya adalah masalah VCO. Saya berharap VCO ini bisa terus ajeg dan terus dibina apalagi nanti kita akan melakukan MoU", ungkapnya. 
 
 
Adapun narasumber dan materi Pengabdian Kepada Masyarakat sebagai berikut:
Pemateri dari Prodi Agroteknologi :
1. Dr.Ir. I Gusti Bagus Udayan, M.si
2. Dr. Ir. Yohanes P. Situmeang, M.Si
3. Dr. Ir. Ida Bagus Komang Mahardika, M.si
4. Ir. I Gusti Made Arjana, M.Si
di Balai Banjar Bedauh dengan materi : Penyuluhan Budidaya
1. Teknik Budidaya Dan Sistem Tumpangsari tanaman pisang
 
Pemateri dari Prodi Peternakan :
1. Dr. Ir. Ni Made Ayu Gemuh Rasa Astiti, MP
2. Dr. Ir. I Dewa Nyoman Sudita, MP
3. Ir. I Nyoman Kaca, M.Si
4. Ir. I Gede Sutapa, Mp
di Balai Kelompok Goraksie Banjar Bedauh  dengan materi :
1. Teknik Pemeliharaan Babi
2. Pengolahan Limbah Cair
3. Pengolahan Limbah Padat
4. Teknik pembuatan pakan sapi dari Jerami
 
Pemateri dari Prodi Ilmu dan Teknologi Pangan:
1. Ir. Ni Made Suardani, STP.MSi
2. Ir. A.A.M. SEmaryani, M.Si
3. Ir. I Wayan Sudiarta, MP
4. Ir. Nyoman Rudianta, M.Agb
di Bale  Banjar Telutug dengan materi : Teknik Pembuatan VCO
 
Pemateri dari Prodi Managemen Sumber Daya Perairan :
1. Prof. Dr. Ir. I Gde Suranaya Pandit, M.P.
2. Ir. Ni Made Darmadi, M.Si
dengan materi : “Penyuluhan untuk potensi perikanan di Carangsari”
1. Penyuluhan Budidaya Ikan Lele dan Karper  di Kantor Perbekel Carang Sari.
2. Penebaran bibit ikan di Saluran irigasi subak Munduk, Br. Senapan.
 
Humas Bappsik Unwar Melaporkan
  • 06 Oktober 2018
  • 63 Pengunjung

Lainnya

Pencarian