• Selamat Datang di Website Resmi Universitas Warmadewa - Bermutu, Berwawasan Ekowisata dan Berdaya Saing Global Pada Tahun 2034 - Jalan Terompong 24 Tanjung Bungkak, Denpasar, Bali, Indonesia - Email : info@warmadewa.ac.id - Telp. 0361-223858 - Fax. 0361-

Deklarasi Forum IABI, PASEWANA, PT-PRB Prov. Bali.

  • 21 Desember 2018
  • 567 Pengunjung
Deklarasi Forum IABI, PASEWANA, PT-PRB Prov. Bali.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bali dan Forum Pengurangan Resiko Bencana Provinsi Bali menyelenggarakan Deklarasi Forum Ikatan Ahli Bencana Indonesia (F.IABI) Prov. Bali, Forum Relawan Bencana (PASEWANA) Prov. Bali, Forum Perguruan Tinggi untuk Pengurangan Resiko Bencana, (F. PT-PRB) Prov. Bali pada hari Kamis, 20 Desember 2018 di Ruang Sidang Sri Ksari Mandapa Warmadewa. Acara dihadiri oleh Sekda. Prov. Bali, BPBD Prov. Bali, Rektor Unwar, BPBD Kota/Kabupaten se Bali, Basarnas, BNPB Bali, Ketua IABI Pusat, Perwakilan PT di Bali, Formatur Forum, Relawan, dan para Undangan.

Dalam Laporan ketua Forum Pengurangan Resiko Bencana Provinsi Bali menyampaikan Deklarasi ini bertujuan untuk membentuk forum yang mampu memberikan kontribusi pada mayarakat Baki dan mampu bekerja sama dengan BPBD Bali untuk membangun komunikasi baik dan sigap akan terjadinya bencana di Bali. Terbentuknya forum ini merupakan sumbangan apresiasi dari seluruh relawan dan Badan Penanggulangan Bencana di Bali. Selain itu Forum Perguruan Tinggi untuk Pengurangan Resiko Bencana, (F. PT-PRB) Prov. Bali dibentuk untuk membahas issu bencana pada lingkungan Kampus yang sesuai dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Untuk kedepannya akan mengagendakan untuk membentuk sekolah siaga bencana. Selain itu forum ini juga bertujuan untuk memudahkan koordinasi dengan relawan Perguruan Tinggi di Provinsi Bali. Jangan pernah lelah untuk kerja dan mengabdi kepada mayarakat.

Rektor Unwar, Prof. dr. Dewa Putu Widjana, DAP&E., Sp. ParK., dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih dan selamat datang di Kamous Hijau Universitas Warmadewa. Rektor berharap deklarasi ini dapat berjalan dengan baik. Seperti yang diketahui Bali dan Indonesia secara umumya merupakan daerah rawan bencana. Gempa beberapa minggu lalu menunjukan Bali masih merupakan daerah yang rawan bencana. Oleh karena itu pemahaman akan siaga bencana masih perlu disosialisasikan. Harapannya Deklarasi Forum-forum ini bisa memberikan kontribusi untuk masyarakat luas. Salain itu untuk bulan Janurai 2019 akan dideklarasikan Universitas Warmadewa sebagai Kampus Siaga Bencana. Sehingga Unwar bisa menjadi kampus garda depan dalam menanggapi Bencana.

BPBD Prov. Bali yang diwakili oleh Dir. Pemberdayaan Masyarakat BPBD Prov. Bali, dalam sambutannya menyampaikan bahwa secara geologi Indonesia merupakan negara yang rentan dengan Bencana Alam. Tahun 2018 ini kita mengalami 2 bencana alam besar yaitu gempa bumi di NTB dan Sulteng yang mengnyebabkan banyak korban meninggal dunia dan luka-luka. Oleh karena ini setiap bencana memungkinkan terjadi di semua tempat bahkan di Bali. Bali juga memiliki Gunung Agung yang beberapa waktu lalu Erupsi dan diperkerikan dalam 10 Tahun kedepan akan erupsi lagi. Partisipasi dari berbagai pihak dalam penganggulangan bencana sangat diperlukan.

Dengan deklarasi 3 Forum ini menjadikan Bali satu-satunya Provinsi yang memiliki Forum Siaga Bencana yang lengkap. Visi forum ini dalam penguatan pengawasan dalam pembangunana yang mengurangai resiko bencana dengan 4 strategi yang dilakukan antara lain kebijakan dalam pembangunan untuk mengurangi bencana, kelembagaan sebagai mitra BPBD dalam bekerja sama menanggulangi bencana, penganggaran dan pemberdayaan mayarakat.

Forum Perguruan Tinggi untuk Pengurangan Resiko Bencana, (F. PT-PRB) dibentuk sebagai salah satu pencerminan Tri Dharma Perguruan Tunggi. Kegiatan pengurangan resiko bencana yang dapat diwujudkan oleh Perguruan Tinggi dapat melalui KKN tematik yang dilaksanakan ditempat rawan bencana. Dalam KKN tersebut bisa dilaksanakan dalam bentuk sosialisasi dan edukasi dalam menngurangi resiko bencana dan penanggulangan bencana. Tantangan bagi Forum Ikatan Ahli Bencana Indonesia (F.IABI) Prov. Bali untuk tahun 2019 sudah dapat menghasilkan suatu Buku tentang kajian Bencana di Provinsi Bali. Selain itu Bali di Tahun 2019 akan menajdi tuan rumah dalam pertemuan relawan seluruh Indonesia yang melibatkan 1.000 orang lebih relawan.

Sekda Provinsi bali, Dewa Made Indra dalam sambutannya memberikan apresiasi dan kebangaan sebesar-besarnya bagi Forum-forum yang dideklarasikan hari ini. Deklarasi Forum yang siaga dan sigap akan bencana ini merupakan suatu kamjuan yang luar biasa. Dengan deklarasi Forum ini diskusi khusus tentang pengurangan resiko bencana di Bali semakin maju, sehingga mampu meminimalisasi adanya bencana. Pemerintah berharap forum ini setelah terbentuk akan mengabdikan dirinya sesuai dengan ilmunya dan bekerja sama dengan seluruh masyarakat. Mampu bersinergi dengan pemerintah dalam membentuk pembangunan dan penggunaan tata ruang yang mampu mengurangi resiko bencana.

Acara dilanjutkan dengan pembacaan Formatur untuk masing-masing Forum yang akan dideklarasikan. Setelah itu pembacaan Deklarasi yang dipimpin oleh Ketua Forum Pengurangan Resiko Bencana Provinsi Bali diikuti oleh Formatur Forum-Forum yang terpilih.


Humas BAPPSIK Melaporkan.

  • 21 Desember 2018
  • 567 Pengunjung

Lainnya

Pencarian